Pengaruh Metode Peta Konsep dan Pengetahuan Awal terhadap Hasil Belajar Kewarganegaraan Siswa Kelas VIII SMP Perguruan Islam Ar Risalah.

Sari, Ratna (2014) Pengaruh Metode Peta Konsep dan Pengetahuan Awal terhadap Hasil Belajar Kewarganegaraan Siswa Kelas VIII SMP Perguruan Islam Ar Risalah. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_RATNA_SARI_1103989_1761_2014.pdf] Text
B1_1_RATNA_SARI_1103989_1761_2014.pdf

Download (104kB)

Abstract

Peneliti menemukan fenomena di lapangan bahwa masih rendahnya hasilbelajar Kewarganegaraan siswa kelas VIII SMP Perguruan Islam Ar Risalah. Halini diindikasikan dengan masih banyak nilai siswa yang berada dibawah KKM.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) pengaruh penggunaan metodepeta konsep terhadap hasil belajar kewarganegaraan, (2) pengaruh penggunaanmetode peta konsep dibandingkan metode konvensional dilihat dari pengetahuanawal rendah terhadap hasil belajar, (3) pengaruh penggunaan metode peta konsepdan metode konvensional dilihat dari pengetahuan awal tinggi terhadap hasilbelajar, (4) mengetahui interaksi antara penggunaan metode peta konsep danpengetahuan awal terhadap hasil belajar kewarganegaraan siswa kelas VIII SMPPerguruan Islam Ar Risalah Padang.Jenis penelitian ini adalah Quasi Ekperimen, desain penelitian ini diterapkanmetode belajar yang berbeda yaitu menggunakan metode peta konsep dalampembelajaran Kewarganegaraan, desain penelitian yang digunakan adalahtreatment by faktorial design 2 x 2. Populasi dan sampel penelitian adalah siswakelas VIII SMP Perguruan Islam Ar Risalah sebanyak dua kelas. Penelitian inimenggunakan dua kelas, yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Pengembanganinstrumen dilakukan uji instrumen hasil belajar dan uji instrumen pengetahuanawal dengan menggunakan uji validitas, reliabilitas, daya beda dan tingkatkesukaran. Teknik analisis data yaitu deskripsi data, uji persyaratan dan pengujianhipotesis.Berdasarkan temuan peneliti dapat disimpulkan bahwa (1) Terdapatperbedaan antara hasil belajar Kewarganegaraan siswa yang diajarkan denganmenggunakan metode peta konsep dan metode konvensional. (2) Terdapatperbedaan antara hasil belajar kewarganegaraan siswa dengan pengetahuan awaltinggi yang diajarkan dengan metode peta konsep dan metode konvensional. (3)Terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa dengan pengetahuan awal rendahyang diajar dengan menggunakan metode peta konsep dan metode konvensional.(4) Tidak terdapat interaksi antara metode peta konsep dan pengetahuan awalterhadap hasil belajar Kewarganegaraan siswa kelas VIII SMP Perguruan IslamAr Risalah Padang. Secara umum, metode peta konsep dan pengetahuan awalpada penelitian ini dapat meningkatkan hasil belajar Kewarganegaraan siswadengan baik.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: PETA KONSEP, HASIL BELAJAR
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 20 Mar 2025 04:02
Last Modified: 20 Mar 2025 04:02
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4185

Actions (login required)

View Item
View Item