Juwita, Ratna (2011) Hasil Belajar Matematika melalui Penerapan Model Belajar Kooperatif Tipe STAD di SDN. 12, 2X11 Kayutanam. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_RATNA_JUWITA_11236_3164_2012.pdf [thumbnail of B1_1_RATNA_JUWITA_11236_3164_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_RATNA_JUWITA_11236_3164_2012.pdf
Download (167kB)
Abstract
Mata pelajaran matematika diajarkan di Sekolah Dasar untuk membentukkemampuan berhitung dan bernalar siswa, lazim diajarkan dimulai dari hal yangkonkret menuju kepada yang abstrak. Oleh karena itu pembelajaran matematika,siswa diarahkan agar memiliki keterampilan dalam berhitung melalui kegiatanpraktis yang dilakukan sendiri oleh siswa. Salah satu materi yang harus dikuasaioleh siswa sekolah dasar adalah materi pengukuran. Akan tetapi kenyataanyasering terjadi bahwa siswa menghadapi kesulitan dalam memahami danmwnyelesaikan soal-soal pengukuran dalam proses pembelajaran matematika.Penelitian tindakan kelas merupakan suatu bentuk penelitian yang bersifatreflektif dengan melakukan tindakan-tindakan tertentu agar dapat memperbaikiatau meningkatkan kualitas praktik-praktik pembelajaran yang dilakukan olehguru di kelasnya sendiri. Dalam pelaksanaannya, ternyata penelitian ini dapatmemenuhi kriteria penguasaan yang telah ditetapkan 2 siklus pembelajaran,karena meskipun pada akhir siklus I, teramati bahwa: (a) proses kerjasama, salingmembantu antara siswa yang berkemampuan lebih tinggi dan siswa yangberkemampuan lebih rendah belum nampak, (b) interaksi yang terjadi dalamkelompok sebagai satu tim juga belum nampak, akan tetapi dengan tambahanpengarahan oleh guru yang dipetik dari hasil Refleksi pada siklus 1, maka padaakhir siklus II, teramati bahwa (a) proses kerja sama mulai nampak, (b) prosessaling membantu antara siswa yang berkemamapuan tinggi dengan siswa yangberkemampuan rendah pun sudah mulai nampak, pada umumnya pemahamankonsep pengukuran, mendapatkan rumus luas persegi dan persegi panjang sertapemecahan masalah telah terpenuhi.Oleh karena itu, berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukanselama dua siklus pembelajaran ini, diperoleh kesimpulan bahwa penerapanmodel belajar kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan pemahaman siswaterhadap konsep luas persegi dan persegipanjang dan dapat membangunkerjasama siswa dalam kelompok. Proses kerjasama, saling membantu dalam satutim antara siswa yang berkemampuan lebih tinggi dengan siswa yangberkemampuan lebih rendah telah terjalin cukup baik pada akhir siklus II dalambelajar kooperatif tipe STAD ini. Dalam bekerjasama tersebut siswa benar-benarmemperlihatkan keseriusan dan kesungguhan mereka untuk melaksanakan tugasdalam kelompok. Hasil penelitian ini mengidentifikasikan bahwa penerapanbelajar kooperatif tipe STAD perlu dijadikan sebagai suatu referensi dalamkegiatan pembelajaran matematika dan mungkin juga pada materi lain yangmenekankan kerjasama, saling membantu dalam satu tim, dalam rangkamenemukan konsep atau prinsip.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | HASIL BELAJAR, BELAJAR KOOPERATIF |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 20 Mar 2025 04:01 |
Last Modified: | 20 Mar 2025 04:01 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4180 |