Pengembangan Panduan Bimbingan Kelompok dalam Peningkatan Determinasi Diri (Self Determination) untuk Pencegahan Agresivitas Siswa SMK Swasta Kota Padang

Wulandari, Annike Putri (2020) Pengembangan Panduan Bimbingan Kelompok dalam Peningkatan Determinasi Diri (Self Determination) untuk Pencegahan Agresivitas Siswa SMK Swasta Kota Padang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_ANNIKE_PUTRI_WULANDARI_17151009_4181_2020.pdf] Text
B1_1_ANNIKE_PUTRI_WULANDARI_17151009_4181_2020.pdf

Download (892kB)

Abstract

Pengambilan keputusan yang dilakukan remaja merupakan bagian penting
dalam mengatasi perilaku agresivitas. Pengambilan keputusan tersebut tergambar
dalam determinasi diri (self determination), karena determinasi diri (self
determination) lebih kepada kapasitas seseorang untuk memilih dan menentukan
suatu tindakan yang hendak dicapainya. Individu memiliki determinasi diri (self
determination) rendah akan mudah melakukan tindakan atau perilaku
menyimpang salah satunya perilaku agresivitas. Pencegahan agresivitas melalui
upaya peningkatan determinasi diri (self determination) dapat dilakukan melalui
pelaksanaan layanan bimbingan kelompok oleh Guru BK/Konselor. Oleh karena
itu, diperlukan panduan bimbingan kelompok dalam peningkatan determinasi diri
(self determination) untuk pencegahan agresivitas. Penelitian ini bertujuan untuk:
(1) mendeskripsikan determinasi diri (self determination) terhadap agresivitas, (2)
mengembangkan dan menghasilkan panduan bimbingan kelompok yang valid,
praktis dan efektif dalam peningkatan determinasi diri (self determination) untuk
pencegahan agresivitas yang layak digunakan oleh Guru BK/Konselor.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan
mengikuti langkah pengembangan model ADDIE (Analyze, Design, Development,
Implementation dan Evaluation). Subjek uji coba penelitian terdiri dari 3 orang
ahli untuk menguji kelayakan tampilan panduan, 3 orang ahli untuk menguji
kelayakan materi panduan dan 4 orang Guru BK/Konselor untuk menguji
keterpakaian panduan. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis
deskriptif dan statistik nonparametrik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) determinasi diri (self
determination) untuk pencegahan agresivitas siswa berada pada kategori rendah,
(2) panduan bimbingan kelompok dalam peningkatan determinasi diri (self
determination) untuk pencegahan agresivitas dinilai layak secara isi dan sangat
layak secara tampilan, tingkat keterpakaian panduan pada kategori sangat baik dan
tingkat efektivitas panduan mengalami peningkatan sebelum dan sesudah diberi
panduan. Panduan bimbingan kelompok dalam peningkatan determinasi diri (self
determination) untuk pencegahan agresivitas dapat digunakan sebagai media oleh
Guru BK/Konselor di sekolah. Dengan demikian, prototype panduan bimbingan
kelompok dalam peningkatan determinasi diri (self determination) untuk
pencegahan agresivitas dapat dimanfaatkan oleh Guru BK/Konselor untuk
membantu siswa meningkatkan determinasi diri (self determination) untuk
pencegahan agresivitas.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 20 Mar 2025 02:59
Last Modified: 20 Mar 2025 02:59
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4173

Actions (login required)

View Item
View Item