Astarini, Annisa (2015) Hubungan Memahami Teks Laporan Hasil Observasi dengan Memproduksi Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Pariaman. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_ANNISA_ASTARINI_1105873_848_2015.pdf [thumbnail of B1_1_ANNISA_ASTARINI_1105873_848_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_ANNISA_ASTARINI_1105873_848_2015.pdf
Download (472kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tiga hal berikut. Pertama,
tingkat memahami teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 4
Pariaman. Kedua, tingkat memproduksi teks laporan hasil observasi siswa kelas
VII SMP Negeri 4 Pariaman. Ketiga, hasil analisis hubungan memahami teks
laporan hasil observasi dengan memproduksi teks laporan hasil observasi.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif.
Rancangan penelitian ini adalah korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa
kelas VII SMP Negeri 4 Pariaman yang terdaftar pada tahun 2014/2015. Sampel
penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik simple random sampling.
Variabel penelitian ini adalah memahami teks laporan hasil observasi dengan
memproduksi teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 4
Pariaman. Data penelitian ini adalah skor memahami teks laporan hasil observasi
dengan memproduksi teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 4
Pariaman. Data dianalisis dengan rumus pesentase, rumus rata-rata hitung, uji
linearitas, uji normalitas, dan uji-t. Instrumen penelitian ini adalah tes objektif,
yaitu tes memahami teks laporan hasil observasi dan tes unjuk kerja, yaitu tes
memproduksi teks laporan obsevasi.
Hasil penelitian ini ada tiga, yaitu sebagai berikut. Pertama, memahami
teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 4 Pariaman berada pada
kualifikasi lebih dari cukup dengan nilai rata-rata (73,57). Kedua, memproduksi
teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 4 Pariaman berada pada
kualifikasi baik dengan nilai rata-rata (78,89). Ketiga, terdapat hubungan yang
signifikan antara memahami teks laporan hasil observasi dengan memproduksi
teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 4 Pariaman.
Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa terdapat hubungan
antara memahami teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP negeri 4
Pariaman (73,57) dengan memproduksi teks laporan hasil observasi siswa kelas
VII SMP negeri 4 Pariaman (78,89). Hubungan tersebut terlihat signifikan
berdasarkan uji-t, thitung>ttabel yaitu 5,56>1,70. Dengan kata lain, memahami teks
laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP negeri 4 Pariaman memiliki
hubungan yang signifikan dengan memproduksi teks laporan hasil observasi siswa
kelas VII SMP Negeri 4 Pariaman.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 20 Mar 2025 02:31 |
Last Modified: | 20 Mar 2025 02:31 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4171 |