Pengaruh Model Pembelajaran Metaphormingdan Pengetahuan Awal Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif IPA Fisika Siswa kelas VIII MTs YPI Kuala Enok.

Wahdah, Rasyidah (2015) Pengaruh Model Pembelajaran Metaphormingdan Pengetahuan Awal Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif IPA Fisika Siswa kelas VIII MTs YPI Kuala Enok. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_RASYIDAH_WAHDAH_1209093_5962_2015.pdf] Text
B1_1_RASYIDAH_WAHDAH_1209093_5962_2015.pdf

Download (760kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaranmetaphorming dan pengetahuan awal terhadap kemampuan berpikir kreatif IPAfisika siswa kelas VIII MTs YPI Kuala Enok, dengan melalui 4 (empat) rumusanmasalah; (1) Apakah kemampuan berpikir kreatif IPA Fisika siswa kelas VIIIMTs YPI Kuala Enok yang diajar dengan Model PembelajaranMetaphorminglebih tinggi dibandingkan kemampuan berpikir kreatif IPA Fisika siswa yangdiajar dengan Pembelajaran langsung? (2) Apakah kemampuan berpikir kreatifIPA Fisika siswa kelas VIII MTs YPI Kuala Enok yang memiliki pengetahuanawal tinggi diajar dengan Model Pembelajaran Metaphorminglebih tinggidibandingkan dengan kemampuan berpikir kreatif IPA Fisika siswa yangmemiliki pengetahan awal tinggi diajar dengan Pembelajaran langsung? (3)Apakah kemampuan berpikir kreatif IPA Fisika siswa kelas VIII MTs YPI KualaEnok yang memiliki pengetahuan awal rendah diajar dengan Model PembelajaranMetaphorming lebih tinggi dibandingkan dengan kemampuan berpikir kreatifIPA Fisika siswa yang memiliki pengetahan awal rendah diajar denganPembelajaran langsung? (4) Apakah terdapat intraksi antara Model PembelajaranMetaphorming dan pengetahuan awal terhadap kemampuan berpikir kreatif IPAFisika siswa?Penelitian ini adalah penelitian dengan quasi eksperimen dengan desainfactorial 2 x 2.Penelitian dilakukan di MTs YPI Kuala Enok semester genap tahunpelajaran 2014/2015.Sampel diambil dengan Purposive Random Sampling.Datapenelitian dikumpulkan melalui tes akhir dan dianalisa dengan uji-t dan analisavarians.Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Perbedaan rata-rata kemampuanberpikir kreatif IPA Fisika siswa pada kelas eskperimen dan kelas kontrol dapatdikatakan bahwa model pembelajaran Metaphorming memberikan pengaruh yangsignifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif IPA Fisika, yakni kemampuanberpikir kreatif IPA Fisika siswa yang diajar dengan model pembelajaranMetaphorming lebih tinggi dari pada kemampuan berpikir kreatif IPA Fisikasiswa yang diajar dengan model pembelajaran langsung, (2) kemampuan berpikirkreatif IPA Fisika siswa yang berpengetahuan awal tinggi yang di ajar denganmodel pembelajaran Metaphorming lebih tinggi daripada kemampuan berpikirkreatif IPA Fisika siswa yang berpengetahuan awal tinggi yang di ajar denganmodel pembelajaran langsung , (3) kemampuan berpikir kreatif IPA Fisika siswayang berpengetahuan awal rendah yang diajar dengan model pembelajaranMetaphorming lebih tinggi daripada kemampuan berpikir kreatif IPA Fisika siswayang berpengetahuan awal rendah yang diajar dengan model pembelajaranlangsung, (4) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran Metaphormingdengan pengetahuan awal terhadap kemampuan berpikir kreatif IPA Fisika siswa.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN, BERPIKIR KREATIF
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 20 Mar 2025 02:24
Last Modified: 20 Mar 2025 02:24
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4168

Actions (login required)

View Item
View Item