Rasarpina, Rasarpina (2011) Pengaruh Model Pembelajaran Kooferatif Tipe NHT dan Pengetahuan Awal terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa kelas X SMA Negeri 1 Pekanbaru. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_RASARPINA_51935_5094_2012.pdf [thumbnail of B1_1_RASARPINA_51935_5094_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_RASARPINA_51935_5094_2012.pdf
Download (329kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: (1) perbedaan hasil belajar siswa padamata pelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooferatif tipe NHTdan model pembelajaran konvensional. .(2) interaksi antara model pembelajaran kooferatiftipe NHT dengan kemampuan awal terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaranmatematika (3) perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika yangberkemampuan awal tinggi di ajar dengan model pembelajaran kooperatit tipe NHT danmodel pembelajaran konvensional, (4) perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaranmatematika yang berkemampuan awal rendah yang diajar dengan model pembelajarankooperatif tipe NHT dan model pembelajaran konvensional.Penelitian ini menggunakan pendekatan Quasi Eksprimen dengan desain penelitianTreatmen by block. Populasi penelitian seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Pekanbarusedangkan sample penelitian adalah siswa kelas X5 sebagai kelas eksprimen dan X6 sebagaikelas control yang diselenggarakan pada semester I tahun pelajaran 2010/2011. Datadikumpulkan melalui tes hasil belajar dan dianalisis dengan uji-t dan Anava 2x2Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: hasil belajar siswayang diajar dengan model pembelajaran kooferatif tipe NHT lebih tinggi dari pada hasilbelajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional. Hasil penelitian inimenunjukkan tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran kooferatif tipe NHT denganpengetahuan awal terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika, Peningkatanhasil belajar ini juga signifikan pada kelompok siswa yang berkemampuan awal tinggi diajardengan model pembelajaran kooferatif tipe NHT dan begitu juga degan kelompok siswadengan berpengetahuan awal rendah diajar dengan model pembelajaran kooferatif tipe NHT
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PEMBELAJARAN KOOPERATIF, HASIL BELAJAR |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 20 Mar 2025 02:13 |
Last Modified: | 20 Mar 2025 02:13 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4167 |