Sabrina, Ranny Rasyidah Sabrina (2019) Pengaruh Pendekatan Open Ended dan Kemampuan Awal terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Komunikasi Matematis Siswa Kelas V SD Negeri Kota Padang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_RANNY_RASYIDAH_SABRINA_16124064_456_2019.pdf [thumbnail of B1_1_RANNY_RASYIDAH_SABRINA_16124064_456_2019.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_RANNY_RASYIDAH_SABRINA_16124064_456_2019.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari masalah rendahnya kemampuan berpikir kreatifdan komunikasi matematis siswa di SD kota Padang. Hal ini disebabkan karenasiswa masih terfokus pada cara yang diajarkan oleh guru dan belum bisamenyelesaikan masalah komunikasi dengan dengan baik. Untuk mengatasi masalahtersebut digunakan pembelajaran melalui pendekatan open ended. Penelitian inibertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan open ended terhadap kemampuanberpikir kreatif dan komunikasi matematis siswa.Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experiment. Populasi penelitianadalah seluruh siswa kelas V SD kota Padang yang terdaftar pada gugus IVkecamatan Padang Timur semester I tahun pelajaran 2017/2018 dengan jumlah 227siswa.. Pemilihan sampel dilakukan secara random sampling. Kelas eksperimenadalah siswa kelas VA SD Negeri 23 Marapalam dan sebagai kelas kontrol adalahsiswa kelas V SD Negeri 20 Air Camar kota Padang. Instrumen penelitian adalah teskemampuan awal dan tes akhir berupa soal kemampuan berpikir kreatif dankomunikasi matematis. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t danANAVA dua arah untuk interaksi.Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan berpikir kreatif dankomunikasi matematis siswa yang diajar dengan pendekatan open ended lebih baikdaripada siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Hal ini ditunjukkandengan analisis data menggunakan uji-t, data hasil perhitungan perbedaan rata-ratakedua kelas diperoleh nilai t-hitung untuk kemampuan berpikir kreatif sebesar 4,551,t-hitung untuk kemampuan komunikasi matematis sebesar 4,079 sedangkan t-tabel2,002 dengan taraf signifikansi 5% sehingga diterima. (2) Kemampuan berpikirkreatif dan komunikasi matematis siswa berkemampuan awal tinggi, sedang, danrendah yang diajar dengan pendekatan open ended lebih baik daripada siswa yangdiajar dengan pembelajaran konvensional. (3) Tidak terdapat interaksi antarapembelajaran melalui pendekatan open ended dan kemampuan awal dalammempengaruhi kemampuan berpikir kreatif matematis dan kemampuan komunikasimatematis siswa. Hal ini ditunjukkan dengan analisis data mengunakan anava duaarah, data hasil perhitungan kedua kelas diperoleh nilai F-hitung untuk kemampuanberpikir kreatif sebesar 0,62, F-hitung untuk kemampuan komunikasi matematissebesar 2,15 sedangkan F-tabel 3,17 dengan taraf signifikansi 5% sehinggaditerima
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | BERPIKIR KREATIF, KOMUNIKASI MATEMATIS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 20 Mar 2025 02:11 |
Last Modified: | 20 Mar 2025 02:11 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4165 |