Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Think Pair Share dan Pengetahuan Awal Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VII SMP N 2 dan SMP N 30 Padang.

Sofya, Rani (2013) Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Think Pair Share dan Pengetahuan Awal Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VII SMP N 2 dan SMP N 30 Padang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_RANI_SOFYA_1104152_6480_2013.pdf] Text
B1_1_RANI_SOFYA_1104152_6480_2013.pdf

Download (440kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari masalah rendahnya hasil belajar siswa serta kurangnyapartisipasi aktif siswa dalam pembelajaran IPS. Rendahnya hasil belajar siswa dapat dilihat darihasil ujian tengah semester yang diperoleh oleh siswa yang berada dibawah Kriteria KetuntasanMinimal (KKM). Nilai yang dibawah KKM menunjukkan bahwa pembelajaran IPS belumberjalan secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk melihat (1) Perbedaan hasil belajar IPSsiswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe think pairshare dengan hasil belajar IPS siswa yang diajar menggunakan model pembelajarankonvensional. (2) Perbedaan hasil belajar IPS antara siswa dengan pengetahuan awal tinggi yangdiajar dengan model pembelajaran cooperative learning tipe think pair share dengan hasil belajarIPS siswa dengan pengetahuan awal tinggi yang diajar dengan metode pembelajarankonvensional. (3) Perbedaan hasil belajar IPS antara siswa dengan pengetahuan awal rendah yangdiajar dengan model pembelajaran cooperative learning tipe think pair share dengan hasilbelajar IPS siswa dengan pengetahuan awal rendah yang diajar dengan model pembelajarankonvensional. (4) Interaksi antara model pembelajaran cooperative learning tipe think pair sharedengan pengetahuan awal terhadap hasil belajar IPS.Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experiment. Populasi penelitian ini adalahseluruh siswa kelas VII SMP N 2 dan SMP N 30 Padang yang berjumlah 505 orang siswa tahunajaran 2012-2013 yang terdiri atas 16 kelas. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling,dengan menjadikan kelas VII 7 SMP N 2 dan kelas VII 1 SMP N 30 sebagai kelas kontrol dankelas VII 4 SMP N 2 dan kelas VII 2 SMP N 30 sebagai kelas eksperimen. Data dianalisisdengan menggunakan uji t dan uji anova dua arah.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar IPS siswa yang diajar denganmenggunakan model cooperative learning tipe think pair share lebih tinggi dibandingkan denganhasil belajar IPS siswa yang diajar dengan model konvensional. Hasil belajar siswa yang diajardengan model cooperative learning tipe think pair share lebih tinggi dari hasil belajar siswa yangdiajar dengan model konvensional baik pada kelompok dengan pengetahuan awal rendah maupunkelompok dengan pengetahuan awal tinggi, berarti penerapan model cooperative learning tipethink pair share lebih baik dari model konvensional dalam meningkatkan hasil belajar siswa.Penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat interaksi antara model cooperative tipe thinkpair share dengan pengetahuan awal dalam mempengaruhi hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING,HASIL BELAJAR
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Ekonomi-S2
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 19 Mar 2025 07:08
Last Modified: 19 Mar 2025 07:08
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4127

Actions (login required)

View Item
View Item