Ramadhayani, Ramadhayani (2013) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif “Kompetensi Mengoperasikan Software Audio Digital” di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Program Keahlian Multimedia. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_RAMADHAYANI_1109874_3639_2013.pdf [thumbnail of B1_1_RAMADHAYANI_1109874_3639_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_RAMADHAYANI_1109874_3639_2013.pdf
Download (1MB)
Abstract
Mengoperasikan software audio digital merupakan kompetensi yang harusdikuasai oleh peserta didik program keahlian multimedia kelas XI yang menuntutpemahaman mengenai konsep, perancangan dan manipulasi audio digital.Penelitian ini dilatarbelakangi dari pengalaman penulis sebagai guru kejuruanmultimedia, dimana ketersediaan media pembelajaran khususnya mata pelajaranproduktif multimedia sangat kurang. Penelitian ini bertujuan untukmengembangkan media pembelajaran interaktif yang valid, praktis dan efektifpada kompetensi mengoperasikan software audio digital.Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model dan prosedurpengembangan menggunakan 4-D (four-D) terdiri dari tahap define, design,develop dan disseminate. Pada tahap define dilakukan analisis kurikulum dananalisis peserta didik. Pada tahap design dilakukan perancangan mediapembelajaran interaktif. Pada tahap develop dilakukan validasi dan uji cobaterbatas pada siswa SMK Negeri 5 Pekanbaru Kelas XI Program KeahlianMultimedia, untuk mengetahui praktikalitas dan efektivitas media pembelajaraninteraktif yang dikembangkan. Tahap disseminate tidak dilakukan. Data yangdiperoleh untuk menentukan kevalidan media pembelajaran interaktif berasal darilembaran validasi. Data yang diperlukan untuk menentukan praktikalitas diperolehdari angket uji praktikalitas guru dan peserta didik. Data efektivitas diperoleh dariaktivitas dan hasil belajar pesera didik.Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif valid,praktis dan efektif. Rata-rata validitas media (86,11%). Praktikalitas yang diamatiditinjau dari angket praktikalitas oleh guru (93,53%) dan oleh peserta didik(84,09%). Media pembelajaran interaktif efektif, ini dapat dilihat dari aktivitasdan hasil belajar peserta didik. Berdasarkan data diatas dapat disimpulkan bahwamedia pembelajaran interaktif kompetensi mengoperasikan software audio digitaldinyatakan valid, praktis dan efektif.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF, SOFTWARE AUDIO DIGITAL |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 19 Mar 2025 07:08 |
Last Modified: | 19 Mar 2025 07:08 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4123 |