Sonia, Rahmita (2020) Efektivitas Cognitive Behavior Therapy Setting Kelompok untuk Mengurangi Mathematic Anxiet. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_RAHMITA_SONIA_17151040_1555_2020.pdf [thumbnail of B1_1_RAHMITA_SONIA_17151040_1555_2020.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_RAHMITA_SONIA_17151040_1555_2020.pdf
Download (1MB)
Abstract
Mathematic anxiety salah satu gangguan belajar dialami siswa pada satuobjek yang kurang dipahami dan kurang dimengerti sehingga mengakibatkanrespon negatif terhadap pembelajaran matematika. Hal ini sangat dirasakan siswapada proses pembelajaran matematika berlangsung, seperti kurang mampumenghafal rumus matematika dengan benar, kurang mampu percaya diri akanjawaban sendiri, kurang mampu menyelesaikan soal matematika sehinggamembutuhkan bantuan siswa lain yang pandai di bidang hitungan dan sebagiansiswa melabeli diri tidak bisa hitungan. Salah satu upaya dapat dilakukan untukmengurangi mathematic anxiety yang dialami siswa adalah (CBT) settingkelompok.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif desain metode preeksperimen one group melalui rancangan the equivalent time samples design.Subjek dalam penelitian yakni 10 siswa kelompok eksperimen dan kelompokkontrol yang teridentifikasi melalui sangat tinggi, tinggi, sedang, rendah dansangat rendah yang diambil daari hasil pengolahan pre-test. Instrumen penelitianmenggunakan skala mathematic anxiety yang memenuhi persyaratan validasi danreliabilitas instrumen. Selanjutnya data dianalisis menggunakan wilcoxon signedrank test dan kolmogorov sminov dengan bantuan SPSS versi 20,00.Temuan penelitian memperlihatkan secara umum CBT setting kelompokefektif untuk menurunkan tingkat mathematic anxiety siswa. Secara khusus (1)terdapat perbedaan skor yang signifikan antara mathematic anxiety siswakelompok eksperimen sebelum dan sesudah mengikuti CBT setting kelompok, (2)terdapat perbedaan skor yang signifikan antara mathematic anxiety siswa sesudahmengikuti CBT setting kelompok pada kelompok eksperimen dan kelompokkontrol, (3) terdapat perbedaan skor yang signifikan antara mathematic anxietysiswa kelompok eksperimen yang mengikuti CBT setting kelompok dengankelompok kontrol yang mengikuti bimbingan kelompok tanpa menggunakanCBT.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | COGNITIVE BEHAVIOR, BIMBINGAN DAN KONSELING |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology H Social Sciences > HE Transportation and Communications L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 19 Mar 2025 07:08 |
Last Modified: | 19 Mar 2025 07:08 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4119 |