Fitri, Rahmiatul (2020) Hubungan antara Konsep Diri dan Kecerdasan Linguistik dengan Kepercayaan Diri Siswa Kelas V dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_RAHMIATUL_FITRI_18124080_976_2020.pdf [thumbnail of B1_1_RAHMIATUL_FITRI_18124080_976_2020.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_RAHMIATUL_FITRI_18124080_976_2020.pdf
Download (458kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kepercayaan diri siswadalam pembelajaran bahasa Indonesia yang menghambat proses belajarmengajar karena dalam pembelajaran bahasa Indonesia menuntut siswa aktifmendengar, berbicara, membaca, dan menulis. Berdasarkan latar belakangmasalah, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antarakonsep diri dan kecerdasan linguistik dengan kepercayaan diri siswa kelas Vdalam pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitiankorelasional dengan jenis korelasional sederhana dan ganda. Sampel penelitianberjumlah 115 siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket untukmengukur variabel konsep diri dan kecerdasan linguistik untukmendeskripsikan kepercayaan diri siswa kelas V dalam pembelajaran bahasaIndonesia. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistikdeskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwahubungan konsep diri dan kecerdasan linguistik dengan kepercayaan diri siswakelas V dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Analisis data yang digunakanadalah hipotesis sederhana dan ganda dengan diperoleh hasil koefisien korelasi(konsep diri) rxly = 0, 368, artinya mempunyai korelasi dengan variabelkonsep diri terhadap kepercayaan diri siswa sebesar 13,5% adalah signifikandengan thitung lebih besar daripada ttabel yang berarti kuat hubungannya,kemudian korelasi dengan variabel kecerdasan linguistik terhadap kepercayaandiri siswa sebesar 23,2% adalah signifikan dengan thitung lebih besar daripadattabel yang berarti kategorinya sangat kuat hubungannya antara variabel.Sedangkan korelasi koefisien korelasi ganda konsep diri dan kecerdasanlinguistik dengan kepercayaan diri siswa sebesar 29,05% yang signifikandengan fhitung menunjukkan kategori kuat hubungannya antar variabel konsepdiri, kecerdasan linguistik, serta kepercayaan diri siswa.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KECERDASAN LINGUISTIK, KONSEP DIRI, PEMBELAJARAN |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 19 Mar 2025 05:05 |
Last Modified: | 19 Mar 2025 05:05 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4112 |