Jafrizal, Jafrizal (2013) Kontribusi Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Motivasi Berprestasi terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Talawi Kota Sawahlunto. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_JAFRIZAL_1103552_5112_2013.pdf [thumbnail of B1_1_JAFRIZAL_1103552_5112_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_JAFRIZAL_1103552_5112_2013.pdf
Download (201kB)
Abstract
Kinerja pada dasarnya adalah proses kerja yang dilakukan oleh
seorang guru dalam melaksanakan tugasnya sebagai pendidik maupun
tugas sebagai pengajar. Tetapi fenomena yang terjadi menunjukkan, bahwa
kinerja guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Talawi Kota Sawahlunto
belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan apakah
kedua faktor berupa kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan
motivasi berprestasi berkontribusi terhadap kinerja guru. Hipotesis yang
diajukan dalam penelitian ini adalah: 1) kepemimpinan transformasional
kepala sekolah berkontribusi terhadap kinerja guru, 2) motivasi berprestasi
berkontribusi terhadap kinerja guru, 3) kepemimpinan transformasional
kepala sekolah dan motivasi berprestasi secara bersama-sama
berkontribusi terhadap kinerja guru. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Talawi Kota Sawahlunto
yang berstatus pegawai negeri sipil (PNS) sebanyak 154 orang guru.
Penarikan sampel dilakukan dengan mengunakan teknik stratified
proportional random sampling. Sampel yang dipilih sebanyak 75 orang.
Pengumpulan data melalui angket atau daftar pernyataan dengan
mengunakan pola skala likert. Instrumen yang digunakan untuk
mengumpulkan data adalah angket dengan model Skala Likert yang telah
diperiksa kesahihan dan keandalannya dengan koefesien keandalannya
pada varibel kinerja guru adalah sebesar 82,68, koefesien variabel
kepemimpinan transformasional kepala sekolah sebesar 80,15 dan
koefesien motivasi berprestasi adalah sebesar 80,19. Untuk menguji
hipotesis digunakan Uji-t dan Uji-F melalui analisis teknik korelasi dan
regresi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1) kepemimpinan
transformasional kepala sekolah berkontribusi terhadap kinerja guru, 2)
motivasi berprestasi berkontribusi terhadap kinerja guru, 3) kepemimpinan
transformasional kepala sekolah dan motivasi berprestasi berkontribusi
secara bersama-sama terhadap kinerja guru. Tingkat pencapaian skor
untuk variabel kinerja guru (Y) dan kepemimpinan transformasional
kepala sekolah (X1) serta motivasi berprestasi (X2) semuanya berada pada
kategori baik. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa faktor kepemimpinan
transformasional kepala sekolah dan motivasi berprestasi baik secara
sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama merupakan dua faktor
penting yang perlu mendapatkan perhatian yang sungguh-sungguh dari
pihak Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kota Sawahlunto untuk
meningkatkan kinerja guru.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 19 Mar 2025 05:05 |
Last Modified: | 19 Mar 2025 05:05 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4111 |