Penggunaan Metode Inkuiri untuk Meningkatkan Proses Belajar Siswa dalam Pembelajaran Tematik di Kelas III Sekolah Dasar Negeri 06 Mudiak Lolo Kecamatan Sungai Pagu Solok Selatan

Husnah, Izmatul (2012) Penggunaan Metode Inkuiri untuk Meningkatkan Proses Belajar Siswa dalam Pembelajaran Tematik di Kelas III Sekolah Dasar Negeri 06 Mudiak Lolo Kecamatan Sungai Pagu Solok Selatan. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_IZMATUL_HUSNAH_19823_4833_2012.pdf] Text
B1_1_IZMATUL_HUSNAH_19823_4833_2012.pdf

Download (172kB)

Abstract

Proses dan hasil belajar siswa masih rendah. Untuk itu perlu suatu
pendekatan pembelajaran tematik yang dapat meningkatkan proses belajar siswa,
yaitu dengan menggunakan metode inkuiri dalam pemebelajaran tematik. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) peningkatan proses siswa dalam
pemebelajaran tematik, (2) peningkatan hasil belajar siswa, (3) proses dan hasil
belajar siswa.
Penelitian ini dilakukan di Kelas III SD Negri 06 Mudiak Lolo
Kecamatan Sungai Pagu pada semester genap tahun pelajaran 2011 / 2012. Jenis
penelitian adalah Penelitian tindakan kelas terdiri dari dua siklus. Setiap siklus
terdiri dari empat langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.
Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar pengamatan untuk data aktivitas
siswa selama proses pembelajaran.
Berdasarkan hasil analisis data dari siklus I ketercapaian aspek RPP
78,57% dengan kategori cukup, aspek guru 76,31% dengan kategori cukup
sedangkan aspek siswa 71,05% dengan kategori cukup dan pada siklus II terjadi
peningkatan yaitu aspek RPP 89,29 dengan kategori baik, aspek guru 93,42%
dengan kategori sangat baik sedangkan pada aspek siswa 89,47%dengan kategori
sangat baik, diketahui bahwa terjadi peningkatan proses belajar siswa.
Peningkatan ini juga berpengaruh pada peningkatan hasil belajar siswa. Dari hasil
penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode inkuiri dalam
pembelajaran tematik dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 19 Mar 2025 05:04
Last Modified: 19 Mar 2025 05:04
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4110

Actions (login required)

View Item
View Item