Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek dan Motivasi Belajar terhadap Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDIT Islahul Ummah Kota Sawahlunto.

Husna, Rahmatul (2015) Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek dan Motivasi Belajar terhadap Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDIT Islahul Ummah Kota Sawahlunto. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_RAHMATUL_HUSNA_1203722_2104_2015.pdf] Text
B1_1_RAHMATUL_HUSNA_1203722_2104_2015.pdf

Download (2MB)

Abstract

Hasil belajar Mata Pelajaran IPAsiswa kelas V SDIT Ishlahul UmmahKota Sawahlunto selama ini masih rendah, karena siswa tidak merasakankeguanaanya langsung materi pelajaran IPA dalam kehidupan sehari-harinya.Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar IPAsiswa adalah dengan menerapkan Model Pembelajaran Berbasis Proyek.Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) perbedaan hasil belajar IPAsiswa yang diajarkan dengan menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Proyekdengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan modelkonvensional, (2) perbedaan hasil belajar IPA siswa yang memiliki motivasitinggi yang diajarkan dengan menggunakan Model Pembelajaran BerbasisProyekdengan hasil belajar siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi yangdiajar dengan menggunakan model konvensional, (3) perbedaan hasil belajar IPAsiswa yang memiliki motivasi rendah yang diajarkan dengan menggunakan ModelPembelajaran Berbasis Proyekdengan hasil belajar siswa yang memliki motivasibelajar rendah yang diajar menggunakan model konvensional (4) adanya interaksiantara Model Pembelajaran Berbasis Proyek dan motivasi belajar terhadap hasilbelajar IPA. Penelitian ini termasuk jenis kuasi eksperimen.Populasi dalam penelitianini adalah seluruh siswa kelas Va dan Vb SDIT Islahul Ummah Kota Sawahlunto. Sampel diambil dengan menggunakan teknik random sampling, terpilih siswakelas Va (kelas eksperimen) dan Vb(kelas kontrol).Data yang dikumpulkanmelalui tes hasil belajar dan angket akan dianalisis dengan uji-t dan Anava.Hasil analisis data mengungkapkan(1)Hasil belajar IPA siswa yangmenggunakan Model Pembelajaran Berbasis Proyek lebih tinggi dari pada hasilbelajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional, diperolehthitung = 3,5349 dan ttabel = 2,02108 pada Alpha 5%.(2) Hasil belajar IPA siswayang memiliki motivasi belajar tinggi yang diajar dengan menggunakan ModelPembelajaran Berbasis Proyek lebih tinggi dari hasil belajar IPA siswa yangmemiliki motivasi tinggi yang diajar dengan model pembelajarankonvensional,diperoleh thitung = 3,475 dan ttabel = 2,08596 pada Alpha 5%. (3)Hasil belajar IPA siswa yang memiliki motivasi belajar rendah yang diajar denganModel Pembelajaran Berbasis Proyek lebih tinggi hasil belajar IPA siswa yangmemiliki motivasi rendah yang diajar dengan model pembelajarankonvensional,diperoleh thitung = 2,2535dan ttabel = 2,08596 pada Alpha 5%.(4)Tidak terdapat interaksi antara Model Pembelajaran Berbasis Proyek dan motivasibelajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA, diperoleh Fhitung0,025 dan Ftabel = 4,18. Pada taraf alpha = 0,05, Fhitung lebih kecil dari Ftabel artinyatidak terjadi interaksi antara penggunaan Model Belajar Berbasis Proyek denganmotivasi belajar terhadap hasil belajar

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: MODEL PEMBELAJARAN, MOTIVASI BELAJAR, HASIL BELAJAR
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan-S2
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 19 Mar 2025 05:04
Last Modified: 19 Mar 2025 05:05
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4095

Actions (login required)

View Item
View Item