Efektivitas Konseling Cognitive Behavior Therapy Setting Kelompok dalam Mengatasi Social Anxiety Siswa

Fitriana, Fitriana (2018) Efektivitas Konseling Cognitive Behavior Therapy Setting Kelompok dalam Mengatasi Social Anxiety Siswa. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_FITRIANA_15151021_2018.pdf] Text
B1_01_FITRIANA_15151021_2018.pdf

Download (1MB)

Abstract

Social Anxiety merupakan salah satu faktor yang dapat menghambat siswa dalam proses perkembangan ke arah optimal. Social anxiety siswa seperti gugup ketika berpendapat di depan kelas, tangan berkeringat ketika tampil di depan umum, takut dinilai secara negatif, takut disalahkan, tidak nyaman di keramaian dan berusaha menghindarinya. Hal ini diawali dari kognitif maladaptif yang berakibat pada tingkah laku yang tidak efektif. Pendekatan Cognitif Behavior Therapy (CBT) merupakan salah satu pendekatan untuk merestrukturisasi kognitif maladaptif dan perilaku yang tidak efektif terkait dengan social anxiety. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas konseling CBT setting kelompok dalam mengatasi social anxiety siswa di SMP Negeri 13 Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Quasi Experiment melalui rancangan The Non Equivalent Control Group. Subjek penelitian yakni 9 orang siswa kelompok kontrol dan 9 orang siswa kelompok eksperimen yang teridentifikasi memiliki social anxiety sangat tinggi, tinggi, sedang, rendah dan sangat rendah yang diambil dari hasil pengolahan pretest. Instrumen penelitian menggunakan skala social anxiety yang telah memenuhi persyaratan validitas dan reliabilitas instrumen penelitian. Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test dan Kolmogorov Smirnov 2 Independent Samples dengan menggunakan program Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 20.00. Temuan penelitian memperlihatkan secara umum konseling CBT setting kelompok efektif dalam mengatasi social anxiety. Secara khusus: (1) terdapat perbedaan skor yang signifikan antara social anxiety siswa kelompok eksperimen sebelum dan sesudah mengikuti konseling CBT setting kelompok, (2) terdapat perbedaan skor yang signifikan antara social anxiety siswa sebelum dan sesudah
mengikuti konseling tanpa menggunakan CBT setting kelompok, (3) terdapat perbedaan skor yang signifikan antara social anxiety siswa kelompok eksperimen yang mengikuti konseling CBT setting kelompok dengan kelompok kontrol yang mengikuti konseling tanpa menggunakan CBT.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Cognitive Behavior Therapy
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2
Depositing User: Nurismen Nurismen S.Sos
Date Deposited: 19 Mar 2025 05:03
Last Modified: 19 Mar 2025 05:03
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4083

Actions (login required)

View Item
View Item