Rahmadani, Rahmadani (2021) Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Model Problem Based Learning. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_RAHMADANI_16124060_1441_2021.pdf [thumbnail of B1_1_RAHMADANI_16124060_1441_2021.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_RAHMADANI_16124060_1441_2021.pdf
Download (518kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketersedian sarana prasarana sekolahberupa laboratorium komputer yang dapat digunakan sebagai mediapembelajaran namun, dalam penerapan pembelajaran disekolah guru lebih seringmenggunakan media pembelajaran buku guru dan buku siswa sebagai satusatunya media pembelajaran. Karena hal yang demikian peserta didikmenganggap pembelajaran membosankan dan tidak meningkatkan motivasibelajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembanganMultimedia Interaktif berbasis model PBL pada pembelajaran tematik di kelas VSD yang valid, praktis, dan efektif.Penelitian ini dilakukan di SD Islam Modern Yayasan Ampang Kuranji,Kabupaten Dharmasraya. Subjek penelitian adalah siswa kelas V berjumlah 15siswa. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan. Penelitian inimenggunakan model 4-D yang terdiri dari 4 tahap yaitu: tahap define, design,develop, dan disseminate. Data uji validitas diperoleh melalui lembar validasimultimedia interaktif, keterlaksanaan RPP, penilaian respon guru dan siswa.Keefektifan dilihat dari aktivitas, penilaian proses dan hasil belajar.Berdasarkan hasil penelitian pengembangan yang dilakukan, multimediainteraktif terlebih dahulu divalidasi oleh validator ahli dan praktisi untukmendapatkan masukan sehingga diperoleh media pembelajaran multimediainteraktif yang sesuai dengan pembelajaran kurikulum 2013 satuan pendidikandasar yaitu pembelajaran berbasis teknolgi, oleh sebab itu tingkat validitasmultimedia interaktif masuk pada kategori sangat valid. Berdasarkan ujicobadiketahui bahwa media pembelajaran multimedia interaktif dapat memberikankemudahan bagi guru dan peserta didik, dapat menarik minat guru dan pesertadidik. Hal ini dapat dilihat dari keterlaksanaan RPP, respon peserta didik danguru, sehingga diperoleh tingkat praktikalitas multimedia interaktif pada kategorisangat praktis. Selanjutnya, multimedia interaktif telah memberikan dampak,pengaruh, dan hasil yang sangat baik dimana hal ini dapat dilihat dari hasilaktivitas peserta didik, perolehan nilai sikap, pengetahuan, keterampilan, olehsebab itu media pembelajaran multimedia interaktif yang dikembangkan dapatdikatakan sangat efektif. Disimpulkan bahwa multimedia interaktif berbasismodel PBL pada pembelajaran tematik di kelas V SD telah dinyatakan valid,praktis, dan efektif. Diharapkan multimedia interaktif dengan menggunakanmodel pembelajaran laninnya dalam pembelajaran tematik terpadu mendapatkanhasil yang lebih sempurna.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MULTIMEDIA INTERAKTIF, PROBLEM BASED LEARNING, PEMBELAJARAN TEMATIK T |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 19 Mar 2025 04:54 |
Last Modified: | 19 Mar 2025 04:54 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4080 |