Tika, Rahma (2021) Pengembangan Media Auditory Visual Memory (AVM) dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun PAUD Terpadu ’Aisyiyah Pasaman Barat. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_RAHMA_TIKA_19330021_1311_2022.pdf [thumbnail of B1_1_RAHMA_TIKA_19330021_1311_2022.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_RAHMA_TIKA_19330021_1311_2022.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa hal yang ditemukan peneliti padariset awal. Kreativitas anak kurang berkembang secara maksimal dan kurangnyafasilitas media pembelajaran dalam mengembangkan kreativitas. Tujuan daripenelitian ini yaitu menghasilkan sebuah produk berupa media AVM (AuditoryVisual Memory) dalam mengembangkan kreativitas anak usia 5-6 tahun. Jenispenelitian ini adalah Research and Development dengan model ADDIE, yaknidengan analysis, design, development, implemention dan evaluation. Penelitiandilaksanakan pada kelas B2 jumlah 19 anak PAUD Terpadu ‟aisyiyah PasamanBarat. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan angket responguru. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistikdeskriptif dengan validasi skala likets. Berdasarkan hasil penelitian dapatdisimpulkan bahwa pengembangan media AVM pada tahap analysis diperlukandalam mengembangkan kreativitas anak usia 5-6 tahun. Tahap desing, menyusunindikator, sub tema dan materi yang akan digunakan, kemudian merancangrencana pelaksanaan pembelajaran harian, pemilihan media yang digunakan danmerancang storyboard pengembangan media AVM. Tahap Developmentmenghasilkan konten pengembangan media AVM dinyatakan valid persentaserata-rata 83,4%. Tahap Implemention, media AVM dinyatakan sangat praktispersentase dengan rata-rata 85% dan media dinyatakan efektif dengan rata-rata90%. Tahap Evalution, hasil validasi penilaan ahli berdasarkan angket oleh ahlimateri, ahli kreativitas dan ahli media dinyatakan valid, selanjutnya hasil ujipraktikalitas dinyatakan sangat praktis dan efektivitas media dalammengembangkan kreativitas anak dinyatakan sangat efektif. Kemudianberdasarkan wawancara guru media AVM dapat membantu anak mengembangkankreativitas. Namun pada Tahap ini evaluasi sesungguhnya belum dilaksanakankarena keterbatasan waktu.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | AUDITORY VISUAL MEMORY, KREATIVITAS ANAK USIA |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Guru PAUD-S2 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 19 Mar 2025 04:36 |
Last Modified: | 19 Mar 2025 04:36 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4074 |