Rahayu, Rahayu (2016) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Materi Shalat di Kelas IV SD Negeri 66 Simpang Rantau Ikil. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_RAHAYU_1303880_6467_2016.pdf [thumbnail of B1_1_RAHAYU_1303880_6467_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_RAHAYU_1303880_6467_2016.pdf
Download (583kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan belajar siswa dalammempelajari materi shalat yang bersifat abstrak. Sehingga diperlukan mediapembelajaran interaktif berbasis komputer untuk menjelaskan materi tersebut.Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan mediapembelajaran interaktif pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di kelas IVSDN No.66/II Simpang Rantau Ikil. Media pembelajaran interaktif ini dirancangdengan menggunakan macromedia flash pro 8 untuk dapat meningkatkanmotivasi, minat dan hasil belajar siswa.Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D).Model pengembangan yang digunakan dalam pengembangan media interaktif iniadalam model pengembangan 4-D yang dikembangkan oleh S. Thiagarajan dkkyang terdiri atas empat tahap utama, yaitu pendefinisian, perencanaan,pengembangan, dan penyebaran. Jenis data yang digunakan berupa data primeryang diperoleh langsung dari responden. Teknik analisa data yang digunakandalam penelitian ini adalah teknik analisa data deskriptif yaitu denganmendeskripsikan kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaraninteraktif pada mata pelajaran pendidikan agama Islam.Hasil yang diperoleh dari penelitian pengembangan ini sebagai berikut: (1)media pembelajaran interaktif yang dikembangkan dinyatakan valid, yakni padavaliditas isi materi dengan nilai 0,94, dan pada validitas tampilan mediadinyatakan valid dengan nilai 0,90, serta pada validitas bahasa dinyatakan validdengan nilai 0,95. (2) Praktikallitas media pembelajaran interaktif berdasarkanrespon guru dinyatakan sangat praktis dengan nilai 90,83%, dan berdasarkanrespon siswa dinyatakan sangat praktis dengan nilai 90,96%. (3) Efektifitas mediapembelajaran interaktif dinyatakan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswakarena sebanyak 82,75% siswa telah mencapai KKM. Berdasarkan temuanpenelitian ini disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif ini valid, praktis,dan efektif untuk dimanfaatkan sebagai sebuah media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MEDIA PEMBELAJARAN, PEMBELAJARAN INTERAKTIF |
Subjects: | L Education > LA History of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 18 Mar 2025 07:36 |
Last Modified: | 18 Mar 2025 07:36 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4056 |