Kontribusi Status Gizi Terhadap Kemampuan Motorik Siswa Sekolah Dasar Negeri 15 Pasa Gelombang Kecamatan 2x11 Kayu Tanam Kabupaten Padang Pariaman

Sari, Serli Afradila (2012) Kontribusi Status Gizi Terhadap Kemampuan Motorik Siswa Sekolah Dasar Negeri 15 Pasa Gelombang Kecamatan 2x11 Kayu Tanam Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_SERLI_ AFRADILA_ SARI_89703_1244_2012.pdf] Text
B1_01_SERLI_ AFRADILA_ SARI_89703_1244_2012.pdf

Download (1MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini berawal dari pengamatan dan observasi yang
dilakukan penulis di lapangan terhadap siswa pada saat mengikuti mata pelajaran
pendidikan jasmani dan pada saat jam istirahat sekolah, ternyata kemampuan
motorik siswa masih rendah atau belum begitu baik. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui seberapa besar kontribusi status gizi terhadap kemampuan motorik
siswa di Sekolah Dasar Negeri 15 Pasa Gelombang Kecamatan 2x11 Kayu
Tanam.
Jenis penelitian ini adalah korelasional. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa Sekolah Dasar Negeri 15 Pasa Gelombang Kecamatan 2x11
Kayu Tanam yang berjumlah 161 orang, sedang sampel dalam penelitian ini
adalah siswa kelas V siswa Sekolah Dasar Negeri 15 Pasa Gelombang Kecamatan
2x11 Kayu Tanam yang berjumlah 30 orang, yang terdiri dari 20 orang siswa lakilaki
dan 10 orang siswa perempuan. Jenis data dalam penelitian ini adalah data
primer. Pengukuran status gizi dilakukan menurut baku rujukan WHO NHCS
1983, yaitu mengukur berat badan menurut umur siswa, kemudian hasil data yang
diperlukan akan dipersentasikan dalam buku median BB/U. Sedangkan untuk Tes
kemampuan Motorik menurut Miller dalam Depdiknas (2002:105) yang terdiri
dari tiga butir tes yaitu: 1) kelincahan (agility), 2) kecepatan (speed), dan 3)
kekuatan (strength). Sebelum data diolah seluruh data pengukuran berat badan
dianalisa kemudian hasil data yang diperlukan akan dipersentasikan dalam baku
median BB/U. Kemudian hasil data didapat dijadikan sebagai variabel status gizi
(X) sedangkan hasil tes Kemampuan Motorik nilainya dikonversi kenorma dan
dijumlahkan sehingga didapat nilai total sebagai nilai variabel Kemampuan
Motorik (Y). Sebelum data dianalisa untuk menguji hipotesis maka kedua variabel
(X dan Y) diuji persyaratan analisis dengan uji normalitas lilifors.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa hipotesis pertama terdapat
hubungan yang bearti (signifikan) antara status gizi terhadap kemampuan motorik,
dapat dilihat dari thitung (3,1) > ttabel (2,05). Hipotesis kedua yang diajukan dalam
penelitian ini adalah terdapat kontribusi status gizi terhadap kemampuan motorik
siswa sebesar 25%.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: STATUS GIZI
Subjects: S Sport
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan-S1
Depositing User: Arlianis Arlianis S.IP
Date Deposited: 18 Mar 2025 06:38
Last Modified: 18 Mar 2025 06:38
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4044

Actions (login required)

View Item
View Item