Penerapan Strategi Pembelajaran TGT untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII 1 SMP Negeri Pekanbaru.

Alfiah, Rabiatun Gusti (2011) Penerapan Strategi Pembelajaran TGT untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII 1 SMP Negeri Pekanbaru. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_RABIATUN_GUSTI_ALFIAH_51934_3683_2012.pdf] Text
B1_1_RABIATUN_GUSTI_ALFIAH_51934_3683_2012.pdf

Download (128kB)

Abstract

Motivasi dan hasil belajar siswa merupakan faktor-faktor yang erathubungannya dengan kesuksessan siswa dalam belajar. Keaktifan siswa dalam prosespembelajaran dan hasil belajar masih rendah, jika dilihat dari perolehan nilai setiapulangan harian yang dilaksanakan. Salah satu usaha yang dilakukan guru untukmemperbaiki pembelajaran adalah dengan menggunakan strategi pembelajaran TGTPenelitian ini bertujuan untuk menunjukkan bahwa: (1) proses pembelajaran denganpenerapan strategi pembelajaran TGT dapat meningkatkan motivasi belajar siswa,(2) proses pembelajaran dengan penerapan strategi pembelajaranTGT dapatmeningkatkan hasil belajar siswa.Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas pada pelajaran IPS. Penulisbertindak langsung sebagai peneliti internal. Subjek dalam penelitian ini adalah siswakelas VIII 1 SMP Negeri 11 Pekanbaru. Penelitian terdiri dari dua siklus, setiapsiklus terdiri dari dua kali pertemuan dan satu kali ulangan harian. Tiap siklus terdiridari empat tahap, yaitu; perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.Instrumen yang digunakan untuk mengamati perlakuan dan hasil tindakan adalahlembar observasi, tes hasil belajar, wawancara, catatan lapangan dan foto.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran denganpenerapan strategi pembelajaranTGT dapat meningkatkan motivasi belajar IPSsiswa. Peningkatan motivasi belajar siswa dapat dilihat dari peningkatan skorindikator motivasi belajar hasil observasi pada setiap pertemuan dan juga dapatdilihat dari peningkatan skor indikator motivasi belajar hasil dari siklus I ke siklus IIdengan penerapan strategi pembelajaranTGT. Proses pembelajaran denganpenerapan strategi pembelajaran TGT dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa.Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari hasil belajar siswa siklus 1 dan siklus 2.Persentase siswa yang mencapai ketuntasan pada siklus 1 sebesar 67,9% meningkatmenjadi 96,4% pada siklus 2.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN KOOPERATIF, HASIL BELAJAR
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 18 Mar 2025 05:54
Last Modified: 18 Mar 2025 05:54
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4036

Actions (login required)

View Item
View Item