Saleh R., Saleh R. (2009) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Kemampuan Awal terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Tambang – Kabupaten Kampar. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_R_SALEH_91572_5095_2012.pdf [thumbnail of B1_1_R_SALEH_91572_5095_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_R_SALEH_91572_5095_2012.pdf
Download (82kB)
Abstract
Hasil identifikasi masalah di SMA Negeri I Tambang Kabupaten Kamparmenunjukkan pola pembelajaran yang berpusat pada guru, guru kurangmemberikan kesempatan belajar kepada siswa untuk mengembangkankemampuan berpikir dan mengkonstruksi pengetahuan, model pembelajaran yangdigunakan belum dapat membelajarkan siswa secara maksimal. Perlu dilakukanupaya untuk meningkatkan proses dan hasil belajar siswa. Penelitian inimenggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dimana siswa belajardalam kelompok-kelompok kecil yang terdiri dari 4-6 orang siswa. Penelitian inibertujuan untuk mengungkapkan 1) perbedaan hasil belajar Bahasa Inggris antarasiswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipeJigsaw dengan siswa yang diajarkan dengan menggunakan model konvensional,2) perbedaan hasil belajar Bahasa Inggris antara siswa yang diajarkan denganmodel pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan kemampuan awal tinggi,dengan siswa yang diajarkan dengan menggunakan model konvensional dengankemampaun awal tinggi, 3) perbedaan hasil belajar Bahasa Inggris antara siswayang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengankemampuan awal rendah, dengan siswa yang diajarkan dengan menggunakanmodel konvensional dengan kemampaun awal rendah, 4) interaksi antarakemampuan awal siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri ITambang Kabupaten Kampar yang berjumlah 156 siswa tahun pelajaran2008/2009. Dengan menggunakan teknik simple random sampling, penelitimendapatkan kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI IPA 2sebagai kelas kontrol. Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Teknikpengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan tes objektfyang dilaksanakan di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data diDeskripsidengan menggunakan uji t dan anava.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Hasil belajar siswa yangdiajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebihtinggi dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model konvensional, 2) Hasilbelajar siswa dengan kemampuan awal tinggi yang diajarkan denganmenggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih tinggi dari hasilbelajar siswa dengan kemampuan awal tinggi yang diajarkan dengan modelkonvensional, 3) Hasil belajar siswa dengan kemampuan awal rendah yangdiajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebihtinggi dari hasil belajar siswa dengan kemampuan awal rendah yang diajarkandengan model konvensional, dan 4) Tidak terdapat interaksi antara modelpembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan kemampuan awal siswa.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PEMBELAJARAN KOOPERATIF, HASIL BELAJAR |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 18 Mar 2025 05:00 |
Last Modified: | 18 Mar 2025 05:00 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4034 |