Agustin R.N., Agustin R.N. (2013) Kontribusi Gaya Kepemimpinan Kharismatis Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri di Kecamatan Koto Parik Gadang Di Ateh Kabupaten Solok Selatan. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_R_N_AGUSTIN_19097_1246_2013.pdf [thumbnail of B1_1_R_N_AGUSTIN_19097_1246_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_R_N_AGUSTIN_19097_1246_2013.pdf
Download (724kB)
Abstract
Fenomena yang terjadi dilapangan sebagian guru dalam melaksanakantugasnya belum membuat perangkat pembelajaran, sebagian guru belummelaksanakan program yang sesuai dengan program perencanaan pengajaran,sebagian guru tidak melaksanakan evaluasi sesuai dengan jadwal evaluasi yangdirencanakan, sebagian guru tidak melaksanakan analisis evaluasi, sebagian gurutidak melaksanakan program perbaikan dan pengayaan. Tujuan penelitian iniadalah 1) kontribusi gaya kepemimpinan kharismatis kepala sekolah terhadapkinerja guru, 2) kontribusi motivasi kerja kepala sekolah terhadap kinerja guru, 3)kontribusi gaya kepemimpinan kharismatis kepala sekolah dan motivasi kerjaterhadap kinerja guru SMP Negeri di Kecamatan Koto Parik Gadang di Ateh.Jenis penelitian ini adalah kuantitatif korelasional. Populasi dalampenelitian ini adalah semua guru SMP Negeri di Kecamatan Koto Parik Gadang diAteh kabupaten Solok Selatan yang berstatus PNS berjumlah 83 orang. Sampeldalam penelitian ini menggunakan teknik stratified proportional random samplingdidapatkan sampel sebanyak 39 orang. Instrumen yang digunakan berupa angketdengan model skala likert yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepemimpinan kharismatiskepala sekolah berkontribusi terhadap kinerja guru SMP Negeri Kecamatan KotoParik Gadang di Ateh Kabupaten Solok Selatan dengan besaran kontribusi sebesar30,3%, Motivasi kerja berkontribusi terhadap kinerja SMP Negeri KecamatanKoto Parik Gadang di Ateh Kabupaten Solok Selatan dengan besaran sebesar15,8%, Kepemimpinan kharismatis kepala sekolah dan motivasi kerja secarabersama-sama berkontribusi terhadap kinerja guru sebesar 38,8%. Hal inimenjelaskan bahwa untuk meningkatkan kinerja guru yang baik dan idealsebaiknya dilakukan melalui kepemimpinan kharismatis kepala sekolah danmotivasi kerja guru.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | GAYA KEPEMIMPINAN, MOTIVASI KERJA, KINERJA GURU |
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 18 Mar 2025 05:00 |
Last Modified: | 18 Mar 2025 05:00 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4032 |