Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Luas Segitiga Menggunakan Pendekatan Kontekstual di Kelas IV SDN 01 Ladang Cakiah Kota Bukittinggi

Hilman, Anton (2016) Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Luas Segitiga Menggunakan Pendekatan Kontekstual di Kelas IV SDN 01 Ladang Cakiah Kota Bukittinggi. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_ANTON_HILMAN_1303962_3827_2016.pdf] Text
B1_1_ANTON_HILMAN_1303962_3827_2016.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil beajar siswa yang
belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang telah ditetapkan
yaitu 70. Hal ini disebabkan oleh metode pembelajaran yang digunakan guru
masih konvensional sehingga dalam belajar siswa kurang aktif. Untuk mengatasi
masalah tersebut diterapkan pendekatan kontekstual yang dapat meningkatkan
keaktifan siswa dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengungkapkan
peningkatan aktivitas dan hasil belajar luas segitiga dengan menggunakan
pendekatan kontekstual di kelas IV SDN 01 Ladang Cakiah Kota Bukittinggi.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan
dalam dua siklus. Prosedur pelaksanaan penelitian tindakan terdiri atas:
identifikasi ide awal, analisis, menemukan masalah umum, perencanaan umum
tindakan, mengembangkan langkah tindakan pertama, melaksanakan langkah
tindakan pertama, mengevaluasi, dan merevisi perencanaan umum. Berdasarkan
siklus awal ini peneliti kemudian mengulang dan mengembangkannya pada
langkah tindakan yang kedua. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV
SD Negeri 01 Ladang Cakiah Kota Bukittinggi. Instrumen penelitian adalah
peneliti bersama siswa. Analisis data dilakukan dengan kegiatan: menelaah
seluruh data yang dikumpulkan, mereduksi data yang melibatkan kegiatan
pengkategorian dan pengklarifikasian, selanjutnya menyimpulkan dan verifikasi.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan
sebagai berikut: 1) Penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan
aktivitas belajar luas segitiga di kelas IV SDN 01 Ladang Cakiah Kota
Bukittinggi. 2) Penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil
belajar luas segitiga di kelas IV SDN 01 Ladang Cakiah Kota Bukittinggi.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 18 Mar 2025 04:11
Last Modified: 18 Mar 2025 04:11
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4021

Actions (login required)

View Item
View Item