Yunizar, Fitri (2020) Pengembangan Panduan Komunikasi Interpersonal Peserta Didik Sekolah Menengah Kejuruan dalam Persiapan Memasuki Dunia Kerja melalui Layanan Informasi. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_FITRI_YUNIZAR_17151022_1476_2020.pdf [thumbnail of B1_01_FITRI_YUNIZAR_17151022_1476_2020.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_FITRI_YUNIZAR_17151022_1476_2020.pdf
Download (1MB)
Abstract
Esensinya Sekolah Menengah Kejuruan harus mempersiapkan peserta didik siap kerja. Rendahnya kemampuan berkomunikasi peserta didik menyebabkan masalah besar saat berada di dunia kerja. Persiapan memasuki dunia kerja merupakan hal yang harus dilakukan guru Bimbingan dan Konseling pada bidang karir. Salah satunya dengan meningkatkan komunikasi interpersonal peserta didik dalam persiapan memasuki dunia kerja menggunakan panduan agar lebih terarah. Penelitian ini pertujuan untuk (1) mendeskripsikan komunikasi interpersonal peserta didik Sekolah Menengah Kejuruan, (2) mengembangkan
panduan meningkatkan komunikasi interpersonal peserta didik Sekolah Menengah Kejuruan dalam persiapan memasuki dunia kerja melalui layanan informasi, (3) mendeskripsikan tingkat praktikalitas panduan komunikasi interpersonal yang dikembangkan untuk digunakan oleh guru Bimbingan dan Konseling dan (4) mendeskripsikan tingkat efektifitas panduan komunikasi interpersonal yang dikembangkan untuk digunakan oleh guru Bimbingan dan Konseling. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian terdiri dari 3 orang ahli untuk menguji validasi tampilan panduan, 3 orang ahli untuk menguji validasi materi, 4 orang guru Bimbingan dan konseling untuk uji kelayakan dan focus group discussion serta 3 orang guru Bimbingan dan Konseling untuk menguji keterpakaian panduan. Data penelitian dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan statistik non-parametrik dengan uji Konkordasi Kendall. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal peserta didik berada pada kategori sedang. Panduan yang telah dikembangkan tergolong
valid berdasarkan penilaian expert jugdment, praktis berdasarkan uji coba lapangan terbatas. Sehingga panduan ini dapat digunakan oleh guru Bimbingan dan Konseling untuk meningkatkan komunikasi interpersonal peserta didik Sekolah Menengah Kejuruan dalam persiapan memasuki dunia kerja.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi Interpersonal |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2 |
Depositing User: | Nurismen Nurismen S.Sos |
Date Deposited: | 18 Mar 2025 04:10 |
Last Modified: | 18 Mar 2025 04:10 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4012 |