Pengaruh Penggunaan Media Power Point dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris (Studi Eksperimen di SMP Negeri 2 Koto Baru Dharmasraya)

Ardiantoni, Ardiantoni (2010) Pengaruh Penggunaan Media Power Point dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris (Studi Eksperimen di SMP Negeri 2 Koto Baru Dharmasraya). Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_ARDIANTONI_70889_5935_2012.pdf] Text
B1_1_ARDIANTONI_70889_5935_2012.pdf

Download (119kB)

Abstract

Salah satu tujuan dari pengajaran berbicara Bahasa Inggris di bangku
SMP adalah agar siswa mampu berkomunikasi dalam Bahasa Inggris. Namun
dalam kenyataan banyak siswa bermasalah dengan berbicara Bahasa Inggris.
Ini membuat mereka kesulitan untuk berbagi pengalaman, opini dan ide dalam
bahasa Inggris.
Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan manfaat power point
dalam mengembangkan kemampuan berbicara bahasa Inggris siswa. Penelitian
dilakukan dengan dua kelas, power point untuk kelas eksperimen dan metode
konvensional untuk kelas kontrol. Data dikumpulkan melalui speaking test atau
assessment untuk menilai kemampuan berbicara Bahasa Inggris siswa.
Temuan dari penelitian ini menunjukan bahwa data kemampuan
berbahasa Inggris pada pre-test, kelas ekspeimen bahwa mean 48.83, dan SD
14.29, sementara kelas kontrol, mean 40.60, dan SD 11.29. Sedangkan data
post-test, kelas eksperimen, mean 48.83, danSD 14.29, sementara kelas
kontrol, mean 34.67 dan SD 10.93. penghitungan t-test, kemampuan berbicara
dengan menggunakan power point memiliki rata-rata 68.83 ,sementara rata rata
dengan menggunakan metode konvensional adalah 50.50 dan nilai t adalah
4.75 dan t tabel adalah 1.997. df= n1+n2-2= 30+30-2= 58, dan tingkat
signifikan α 0.05.
Kriteria dari t-test adalah kalau t<t tabel, Ho ditolak dan kalau t>t tabel
maka Ha diterima. Disimpulkan bahwa Ha dapat diterima, ini berarti bahwa
siswa yang belajar dengan power point memiliki skor lebih tinggi dan
signifikan lebih tinggi pada kemampuan berbicara dari pada siswa yang diajar
dengan metode konvensional.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 18 Mar 2025 04:10
Last Modified: 18 Mar 2025 04:10
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4011

Actions (login required)

View Item
View Item