Mulyani, Tri (2020) Efektivitas Penggunaan Ensiklopedia Berbasis Teknologi sebagai Sumber Belajar di Sekolah Menengah Atas (SMA). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_TRI_MULYANI_16053031_3214_2020.pdf [thumbnail of B1_01_TRI_MULYANI_16053031_3214_2020.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_TRI_MULYANI_16053031_3214_2020.pdf
Download (1MB)
Abstract
TujuanMengetahui keefektifan ensiklopedia berbasis teknologi sebagaisumber belajar dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar dalam prosespembelajaran. Metode yang digunakan dalam artikel ini menggunakan metodeliterature review, yang sumbernya didapat dari website Google Scholar yangbermasalah dalam 5 tahun terakhir. Dari 8 artikel ditemukan pengembanganensiklopedia berbasis tenologi sebagai sumber belajar yang sangat efektifdigunakan dalam proses pembelajaran dengan menggunakan modelpengembangan ADDIE, 4-D, dan model pengembangan Borg and Ball.Kemudian dalam penggunaan ensiklopedia sumber belajar berbasis teknologiini sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran baik di ruang kelasmaupun mandiri di rumah. Maka, pengembangan ensiklopedia sumber belajarberbasis teknologi mampu menjadi sumber belajar selain buku ajar yangdigunakan siswa untuk menambah wawasan, memperkaya informasi danpemahaman serta dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar. Kesimpulan:Studi pustaka ini menemukan penggunaan ensiklopedia berbasis teknologisebagai sumber belajar. Ensiklopedia berbasis teknologi merupakan salah satusumber pembelajaran yang tepat dan efektif untuk meningkatkan motivasi, hasilbelajar, minat baca untuk menambah wawasan, pengetahuan dan pemahamansiswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ENSIKLOPEDIA TEKNOLOGI, SUMBER BELAJAR |
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 18 Mar 2025 03:06 |
Last Modified: | 18 Mar 2025 03:06 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/3994 |