Natalia, Irnandes (2013) Kontribusi Dampak Sertifikasi Guru dan Pengembangan Diri Guru Terhadap Kompetensi Profesional Guru Guru SDN Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_IRNANDES_NATALIA _59921_6207_2013.pdf [thumbnail of B1_1_IRNANDES_NATALIA _59921_6207_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_IRNANDES_NATALIA _59921_6207_2013.pdf
Download (874kB)
Abstract
Berdasarkan hasil observasi secara umum dan survei awal di lapangan,
kompetensi profesional guru SDN di Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir
Selatan terkesan belum baik. Apabila keadaan ini dibiarkan tentu akan
berdampak terhadap peningkatan mutu pendidikan. Setelah diprediksi, kondisi
tersebut disebabkan oleh banyak faktor, diantaranya faktor dampak sertifikasi dan
pengembangan diri guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan dan
menganalisis seberapa besar (1) kontribusi dampak sertifikasi terhadap
kompetensi profesional guru, (2) kontribusi pengembangan diri guru terhadap
kompetensi profesional guru dan (3) kontribusi dampak sertifikasi dan
pengembangan diri guru terhadap kompetensi profesional guru guru SDN di
Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan baik secara sendiri-sendiri
maupun secara bersama-sama.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasinya adalah
seluruh guru SDN di Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan yang telah
disertifikasi berjumlah 242 orang, sedangkan sampel berjumlah 122 orang yang
ditetapkan dengan teknik Stratified Proportional Random Sampling dan strata
yang digunakan adalah strata sertifikasi pendidik dan masa kerja. Data diperoleh
dengan menggunakan angket skala likert yang telah diuji kesahihan dan
keandalannya.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) dampak sertifikasi
berkontribusi cukup signifikan terhadap kompetensi profesional guru sebesar
16%. (2) pengembangan diri guru secara signifikan sebesar 29,8%, sedangkan
(3) dampak sertifikasi dan pengembangan diri guru secara bersama-sama
berkontribusi sebesar 34%. Analisis data tesebut, telah menunjukkan bahwa
ketiga hipotesis dapat diterima secara empiris. Dari hasil temuan dapat
disimpulkan bahwa dampak sertifikasi dan pengembangan diri guru merupakan
dua variabel bebas yang berdampak positif terhadap variabel terikat kompetensi
profesional guru guru. Untuk meningkatkan kompetensi profesional guru guru
SDN di Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan perlu ditingkatkan melalui
dampak sertifikasi dan pengembangan diri guru secara baik dan
bertanggungjawab.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 18 Mar 2025 02:55 |
Last Modified: | 18 Mar 2025 03:01 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/3991 |