Penerapan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (PBM) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran IPA di Kelas V SDN 22 Kampung Parit Kabupaten Pasaman

Hardesi, Irma Zurika (2016) Penerapan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (PBM) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran IPA di Kelas V SDN 22 Kampung Parit Kabupaten Pasaman. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_IRMA_ZURIKA_HARDESI_1303958_6244_2016.pdf] Text
B1_1_IRMA_ZURIKA_HARDESI_1303958_6244_2016.pdf

Download (383kB)

Abstract

Peneltian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar
peserta didik dalam pembelajaran IPA. Aktivitas dan hasil belajar yang rendah
berpengaruh terhadap hasil belajar yang dilihat dari aspek kognitif, aspek afektif, dan
aspek psikomotor. Oleh sebab itu diperlukan suatu metode pembelajaran yang
menarik dan inovatif untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik sehingga
hasil belajar aspek kognitif, afektif, dan psikomotor dapat ditingkatkan. Untuk itu
peneliti tertarik melakukan peneltian tentang bagaimana penerapan model
Pembelajaran Berdasarkan Masalah (PBM) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil
belajar peserta didik dalam pembelajaran IPA kelas V. Tujuan penelitian ini adalah
untuk melihat bagaimana penerapan model PBM dalam dapat meningkatkan aktivitas
dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPA Kelas V.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan metode
kuantitatif dan kualitatif. Penelitian dilakukan di kelas V SD N 22 Kampung Parit
Kabupaten Pasaman. Penelitian ini dilakukan terdiri dari 4 prosedur yaitu:
perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilakukan dalam dua
siklus dimana tiap siklua terdiri dari dua kali tindakan.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatann aktivitas belajar peserta
didik setelah dilaksanakan dalam dua siklus. Meningkatnya aktivitas belajar peserta
didik mempengaruhi hasil belajar. Hasil belajar aspek kognitif, afektif, dan
psikomotor pada siklus II mengalami peningkatan yang signifikan seiring
meningkatnya aktivitas belajar. Dapat disimpulkan bahwa model PBM cocok
diterapkan dalam pembelajaran IPA kelas V SD N 22 Kampung Parit Kabupaten
Pasaman.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 18 Mar 2025 02:55
Last Modified: 18 Mar 2025 02:55
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/3986

Actions (login required)

View Item
View Item