Pembelajaran Musik di TK Dharmawanita UNP

Yeni, Indra (2012) Pembelajaran Musik di TK Dharmawanita UNP. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_INDRA_YENI_51697_6796_2012.pdf] Text
B1_1_INDRA_YENI_51697_6796_2012.pdf

Download (359kB)

Abstract

Pembelajaran di TK telah menjadi permasalahan, khususnya di kota Padang
beberapa tahun terakhir. Salah satunya berkaitan dengan kemampuan
dasar musikal peserta didik yang tidak berkembang secara optimal,
padahal menyanyi merupakan kegiatan pokok dalam proses pembelajaran
di TK. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan
pembelajaran musik di TK Dharmawanita UNP, mengidentifikasi kesulitankesulitan
yang ditemui pendidik, dan mengetahui upaya-upaya yang
dilakukan pendidik dalam memecahkan masalah tersebut.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yang dilaksanakan di TK
Dharmawanita UNP, dengan subjek ialah pendidik dan peserta didik
semester Ganjil tahun pelajaran 2011/2012. Data dikumpulkan dengan
teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penjaminan keabsahan
data, dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, triangulasi, dan diskusi
dengan teman sejawat. Data yang diperoleh dianalisis mengikuti metode
yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran musik dilaksanakan di
dalam kelas dan di luar kelas, melalui kegiatan pembiasaan dan kegiatan
pengembangan kemampuan dasar. Pembelajaran musik melalui kegiatan
pembiasaan dilakukan dengan mengulang-ulang menyanyikan lagu
kepada peserta didik, sedangkan pembelajaran musik melalui kegiatan
pengembangan kemampuan dasar dilaksanakan di dalam kelas sebagai
kegiatan inti. Evaluasi dan penilaian pembelajaran musik dilakukan oleh
pendidik khusus musik. Upaya TK mengatasi masalah minimnya
perbendaharaan lagu guru adalah dengan rekrutmen pendidik khusus
musik, sedangkan sulitnya menarik perhatian dan fokus anak dalam
kegiatan menyanyi diatasi dengan mengalokasikan waktu khusus untuk
pembelajaran musik dan dukungan alat peraga serta alat musik yang
memadai. Masalah masih ditemukannya pendidik dengan kemampuan
musikal yang tidak memadai untuk mengajarkan musik diatasi dengan
meningkatkan pemahaman pendidik terhadap elemen dasar musik,
sedangkan sulitnya mengontrol anak di kelas diatasi dengan mengajukan
usulan rekrutmen pendidik tambahan.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial-S2
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 17 Mar 2025 07:20
Last Modified: 17 Mar 2025 07:20
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/3949

Actions (login required)

View Item
View Item