Pemanfaatan Sumber Belajar Geografi dan Relevansinya dengan Kurikulum 2013 (Kasus Kelas X SMA Negeri Kota Padang).

Rahmadani, Rosi (2014) Pemanfaatan Sumber Belajar Geografi dan Relevansinya dengan Kurikulum 2013 (Kasus Kelas X SMA Negeri Kota Padang). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_ ROSI_ RAHMADANI_13165_4602_2014.pdf] Text
B1_01_ ROSI_ RAHMADANI_13165_4602_2014.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang (1) Sumber belajar dalam pembelajaran Geografi di SMA Negeri kota Padang, (2) Aplikasi pemanfaatan sumber belajar dalam pembelajaran Geografi, dan (3) Relevansi antara pemanfaatan sumber belajar Geografi dengan Kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan di SMA Negeri Kota Padang yang telah melaksanakan kurikulum 2013 yaitu SMA Negeri 1 Padang, SMA Negeri 2 Padang, SMA Negeri 3 Padang, SMA Negeri 4 Padang, SMA Negeri 7 Padang, dan SMA Negeri 10 Padang. Penetapan informan adalah guru Geografi kelas X di SMA Negeri Kota Padang yang telah melaksanakan Kurikulum 2013 pada tahun ajaran 2013/2014. Jumlah informan dalam penelitian ini adalah 6 orang guru geografi. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dengan reduksi data, display data, dan pengambilan keputusan.
Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut : (1) Sumber belajar Geografi diantaranya adalah berupa benda seperti peta, globe, atlas dan gambar, sumber belajar manusia berupa guru dan narasumber, sumber belajar dari lingkungan berupa taman sekolah, dan sumber belajar karya ilmiah berupa buku teks,artikel, dan hasil penelitian. (2) Pemanfaatan media, karyawisata dan lingkungan sebagai sumber belajar geografi sudah dilakukan secara maksimal oleh SMA Negeri 1 Padang, SMA Negeri 3 Padang, SMA Negeri 4 Padang dan SMA Negeri 10 Padang. (3) Berdasarkan Permendikbud Nomor 69 Tahun 2013 dan teori Mulyasa mengenai kunci sukses Kurikulum 2013ditemukan bahwa hanya ada beberapa sekolah yang dalam pemanfaatan sumber belajar geografinya telah relevan dengan tujuan ketercapaian Kurikulum 2013. Diantaranya SMA Negeri 1 Padang, SMA Negeri 3 Padang, SMA Negeri 4 Padang dan SMA Negeri 10 Padang. Sementara SMA Negeri 2 Padang dan SMA Negeri 7 Padang belum memaksimalkan sepenuhnya pemanfaatan sumber belajar dalam proses pembelajaran geografi.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: SUMBER BELAJAR GEOGRAFI - KURIKULUM 2013
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi-S1
Depositing User: Mulida Djamarin S.Sos
Date Deposited: 30 Jan 2025 06:58
Last Modified: 30 Jan 2025 06:58
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/394

Actions (login required)

View Item
View Item