Kontribusi Persepsi Siswa tentang Keterampilan Mengajar Guru dan Minat Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Siak Kabupaten Siak Sri Indrapura

Inderawati, Inderawati (2010) Kontribusi Persepsi Siswa tentang Keterampilan Mengajar Guru dan Minat Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Siak Kabupaten Siak Sri Indrapura. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_INDERAWATI_92572_3138_2012.pdf] Text
B1_1_INDERAWATI_92572_3138_2012.pdf

Download (120kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi persepsi siswa tentang
keterampilan mengajar guru dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar Bahasa
Indonesia siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Siak Kabupaten Siak Sri Indrapura,
baik kontribusi masing-masing variabel maupun kontribusi secara bersama-sama.
Ada tiga hipotesis yang dikemukakan dalam penelitian ini, yaitu: (1) persepsi
siswa tentang keterampilan mengajar guru berkontribusi terhadap hasil belajar
siswa; (2) minat belajar siswa berkontribusi terhadap hasil belajar siswa; dan (3)
persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dan minat belajar siswa secara
bersama-sama berkontribusi terhadap hasil belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan correlational. Populasi penelitian
ini adalah semua siswa kelas XI SMA Negeri 1 Siak Kabupaten Siak Sri
Indrapura tahun pelajaran 2007/2008 yang berjumlah 116 orang. Sampel
penelitian ini sebanyak 48 orang yang ditentukan dengan menggunakan rumus
Cochran. Alat pengumpul data untuk variabel bebas adalah angket yang telah diuji
validitas dan reliabilitasnya, sedangkan data variabel terikat adalah tes objektif
berbentuk pilihan ganda. Data diolah dengan menggunakan teknik korelasi
sederhana dan ganda.
Hasil penelitian menemukan bahwa: (1) persepsi siswa tentang
keterampilan mengajar guru berkontribusi signifikan terhadap hasil belajar Bahasa
Indonesia siswa sebesar 24,8%; (2) minat belajar siswa berkontribusi signifikan
terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa sebesar 22,7%; dan (3) persepsi
siswa tentang keterampilan mengajar guru dan minat belajar siswa secara
bersama-sama berkontribusi signifikan terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia
siswa sebesar 45,7%.
Dengan demikian dapat dikatakan bahwa faktor persepsi siswa tentang
keterampilan mengajar guru dan minat belajar siswa sangat diperlukan untuk
meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas
XI SMA Negeri 1 Siak Kabupaten Siak Sri Indrapura. Oleh sebab itu, diperlukan
peningkatan dan pembinaan yang baik terhadap kedua faktor tersebut agar hasil
belajar siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas XI SMA Negeri 1
Siak Kabupaten Siak Sri Indrapura menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 17 Mar 2025 04:48
Last Modified: 17 Mar 2025 04:48
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/3906

Actions (login required)

View Item
View Item