Hura, Feberlina (2018) Pengimplementasian Pendidikan Karakter untuk Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi dengan Menggunakan Pendekatan Lingkungan di Kelas IV SDN 075043 Oladano Kecamatan Idanogawo. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_FEBERLINA_HURA_1203972_1457_2018.pdf [thumbnail of B1_01_FEBERLINA_HURA_1203972_1457_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_FEBERLINA_HURA_1203972_1457_2018.pdf
Download (747kB)
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan keterampilan menulis siswa dan mengimplementasikan nilai – nilai karakter. Kenyataan di lapangan tentang lemahnya karakter dan kurangnya hasil keterampilan menulis siswa. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pengimplementasian pendidikan karakter di Kelas IV SDN 075043 Oladano Kecamatan Idanogawo pada tahap prapenulisan, penulisan, dan pascapenulisan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan lembaran observasi, penilaian dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil keterampilan siswa pada tahap: 1)
prapenulisan dengan skor rata-rata 7.55 dan persentase 62.92% termasuk kategori cukup, siklus II diperoleh skor rata-rata 9.45 dengan persentase 78.85% termasuk kategori baik. 2) penulisan dengan nilai rata-rata 7.65 dan persentase 63% termasuk kategori cukup, siklus II rata-rata 9.45 dengan persentase 79% termasuk kategori baik. 3) pascapenulisan diperoleh skor rata-rata 8.15 dengan persentase sebesar 68% termasuk kategori cukup, siklus II pascapenulisan dengan rata-rata 9.65 dengan persentase 80.4% termasuk kategori baik. Implementasi pendidikan karakter dalam menulis deksripsi berkembang dengan baik, baik dari aspek disiplin, kreatif, dan tanggung jawab dari setiap kegiatan yang dilaksanakan. Dengan demikian, penelitian
tindakan kelas untuk pengimplementasian pendidikan karakter dan peningkatan keterampilan menulis deskripsi dengan menggunakan pendekatan lingkungan perlu diterapkan dan dikembangkan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Karakter |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2 |
Depositing User: | Nurismen Nurismen S.Sos |
Date Deposited: | 17 Mar 2025 03:11 |
Last Modified: | 17 Mar 2025 03:11 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/3880 |