Idriyeni, Idriyeni (2016) Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis Model Problem Based Learning untuk Siswa Kelas V SD. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_IDRIYENI_14124025_5549_2016.pdf [thumbnail of B1_1_IDRIYENI_14124025_5549_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_IDRIYENI_14124025_5549_2016.pdf
Download (1MB)
Abstract
Pengembangan bahan ajar merupakan salah satu faktor penentu
keberhasilan pembelajaran. Bahan ajar yang baik akan menghasilkan proses
belajar yang efektif. Sedangkan bahan ajar yang ada belum mampu untuk
melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran. Untuk mengatasi masalah ini,
perlu untuk menemukan solusi dalam bentuk pengembangan bahan ajar. Solusi ini
diwujudkan dalam bentuk pengembangan bahan ajar IPA berbasis model problem
based learning yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian adalah penelitian
pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D yang
terdiri dari tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan
(develop) dan penyebaran (dessiminate). Tahap define dilakukan analisis
kurikulum, analisis kebutuhan, analisis konsep dan analisis siswa. Tahap design
dilakukan perancangan terhadap perangkat pembelajaran berupa RPP, dan bahan
ajar. Tahap develop dilakukan uji validitas melalui lembar validasi RPP dan
bahan ajar, uji praktikalitas melalui lembar observasi keterlaksanaan RPP, angket
respon guru dan siswa, uji efektivitas diperoleh dari penilaian aktivitas siswa dan
hasil belajar siswa. Tahap dessiminate dilakukan penyebaran perangkat dengan
skala terbatas. Hasil penelitian pada tahap perancangan diperoleh RPP, dan bahan
ajar yang dirancang mengikuti langkah-langkah pembelajaran berbasis model
Problem Based Learning. Hasil penelitian pada tahap pengembangan pada uji
validitas diperoleh data bahwa rata-rata RPP adalah 3,65, rata -rata bahan ajar
dari validasi aspek kelayakan isi 3,90, aspek penyajian 3,90, aspek kebahasaan
3,80, dan aspek ke grafikaan 3,80. Pelaksanaan hasil uji praktikalitas bahan ajar
dari keterlaksanaan RPP adalah 3,66, angket respon guru adalah 87,50 dan
angket respon siswa adalah 91,70. Selanjutnya hasil uji efektivitas diperoleh dari
aktivitas siswa dengan persentase 86,78% dan hasil belajar dari aspek
pengetahuan ketuntasan 91,67. Aspek keterampilan 81,84, dan aspek sikap ratarata
84,41. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengembangan bahan ajar
IPA berbasis model Problem Based Learning yang dikembangkan berada pada
kriteria valid, praktis dan efektif.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 17 Mar 2025 01:21 |
Last Modified: | 17 Mar 2025 01:21 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/3847 |