Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Metode Sosiodrama untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa tentang Bullying

Aldiana, Fatia (2017) Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Metode Sosiodrama untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa tentang Bullying. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_FATIA_ALDIANA_1200017_168_2017.pdf] Text
B1_01_FATIA_ALDIANA_1200017_168_2017.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin tingginya perilaku bullying siswa secara verbal maupun nonverbal yang mengganggu keamanan dan kenyamanan siswa di sekolah. Penelitian ini bertujuan secara umum untuk menguji efektifvitas layanan bimbingan kelompok menggunakan metode sosiodrama untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang
bullying. Secara khusus untuk menguji: (1) perbedaan pemahaman siswa tentang bullying kelompok eksperimen sebelum dan sesudah diberikan perlakuan layanan bimbingan kelompok menggunakan metode sosiodrama, (2) perbedaan pemahaman siswa tentang bullying kelompok kontrol sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok tanpa menggunakan metode sosiodrama, dan (3) perbedaan pemahaman siswa tentang
bullying kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan rancangan The Non-Equivalent Control Group. Populasi penelitian yaitu siswa kelas XI IPS SMA Nusantara Plus
Ciputat dan SMA Muhammadiyah 8 Ciputat, pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling. Skala yang digunakan adalah skala model Likert. Data dianalisis
menggunakan uji Wilcoxon Signed Ranks Test dan Kolmogorov-Smirnov 2 Independent Samples dengan bantuan SPSS. Berdasarkan hasil penelitian secara umum ditemukan layanan bimbingan kelompok menggunakan metode sosiodrama efektif meningkatkan pemahaman siswa tentang bullying. Secara khusus: (1) terdapat perbedaan pemahaman siswa tentang bullying sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok menggunakan metode sosiodrama kelompok eksperimen, (2) terdapat perbedaan pemahaman siswa tentang bullying kelompok kontrol sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok tanpa menggunakan metode sosiodrama, dan (3) terdapat perbedaan pemahaman siswa tentang bullying kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Metode Sosiodrama - Bullying
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2
Depositing User: Nurismen Nurismen S.Sos
Date Deposited: 14 Mar 2025 04:24
Last Modified: 14 Mar 2025 04:24
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/3806

Actions (login required)

View Item
View Item