Persepsi Siswa tentang Pembelajaran dan Hubungannya dengan Self Regulated Learning serta Implikasinya terhadap Bimbingan dan Konseling di MTsN Situjuh Batur

Suryani, Famila (2017) Persepsi Siswa tentang Pembelajaran dan Hubungannya dengan Self Regulated Learning serta Implikasinya terhadap Bimbingan dan Konseling di MTsN Situjuh Batur. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_FAMILA_SURYANI_1309210_1149_2017.pdf] Text
B1_01_FAMILA_SURYANI_1309210_1149_2017.pdf

Download (1MB)

Abstract

Keberhasilan siswa dalam belajar salah satunya dipengaruhi oleh self regulated learning. Pembelajaran mempunyai keterikatan yang erat dengan self regulated learning siswa. Kemampuan guru dalam mengimplementasikan pembelajaran dengan baik dapat mempengaruhi persepsi siswa tentang pembelajaran tersebut. Adanya kesan baik yang diterima siswa terhadap
pembelajaran yang dilaksanakan guru dapat mempengaruhi self regulated learning siswa, khususnya pada pembelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) persepsi siswa tentang pembelajaran IPA, (2) self regulated learning siswa, dan (3) hubungan persepsi siswa tentang pembelajaran IPA dengan self regulated learning siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis deskriptif
korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII dan VIII MTsN Situjuh Batur yang berjumlah 342 orang siswa. Sampel diperoleh sebanyak 184 siswa yang diambil melalui teknik Stratified Random Sampling. Instrumen yang digunakan adalah skala model Likert. Data penelitian dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa: (1) persepsi siswa tentang pembelajaran IPA berada pada kategori baik, (2) self regulated learning siswa berada pada kategori baik, dan (3) terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi siswa tentang pembelajaran IPA dengan self regulated learning siswa dengan koefisien korelasi sebesar 0,503. Implikasi dari hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai masukan untuk membuat program layanan bimbingan dan
konseling, terutama pada bidang belajar.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Self Regulated Learning
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2
Depositing User: Nurismen Nurismen S.Sos
Date Deposited: 14 Mar 2025 04:12
Last Modified: 14 Mar 2025 04:12
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/3800

Actions (login required)

View Item
View Item