Susanti, Penti (2012) Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Padang (Studi Persepsi Siswa Kelas X SMAN 7 Padang). Bachelor/Skripsi thesis, Pendidikan Ekonomi.
B1_1_RUHARTI_CICILIA_SILALAHI_84673_1708_2012.pdf
Download (15MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan (1) Pengaruh lingkungan keluarga terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 7 Padang, (2) Pengaruh lingkungan keluarga dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar ekonomi kelas X SMA Negeri 7 Padang. Hal ini ditinjau dari persepsi siswa mengenai lingkungan keluarga dan kecerdasan emosional yang mereka miliki. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dan kausalitas. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 7 Padang yang berjumlah 298 orang. Teknik penarikan sampel adalah sampling insidental dengan jumlah sampel sebanyak 171 orang. Teknik analisis data adalah analisis deskriptif dan analisis induktif, Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji Model (uji F), Analisis Jalur, dan Uji Hipotesis menggunakan Uji t, dengan menggunakan program Statistical Product and Service Solution (SPSS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) lingkungan keluarga berpengaruh signifikan terhadap kecerdasan emosional, dengan tingkat sig < a (0.000 < 0.05). (2) lingkungan keluarga dan kecerdasan emosional berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 7 Padang, dengan tingkat signifikansi lingkungan keluarga = 0,04, kecerdasan emosional = 0,000 < a= 0,05. (3) Lingkungan Keluarga melalui kecerdasan emosional berpengaruh terhadap hasil belajar ekonomi siswa sebesar 0,0198. Berdasarkan hasil penelitian diatas, ada beberapa hal yang penulis sarankan dalam penelitian ini, yaitu: disarankan kepada orang tua agar lebih mampu memberikan rasa nyaman kepada anak ketika berada dirumah dengan tidak terlalu memanjakan anak, menjaga komunikasi dengan anak, menjaga keadaan rumah agar tetap bersih dan nyaman, serta melengkapi fasilitas belajar anak, dan memantau perkembangan belajar anak disekolah. Disarankan kepada guru, hendaknya proses pembelajaran disekolah tidak hanya berorientasi pada ranah kognitif, tetapi juga harus mengahasilkan perubahan tingkah laku
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1 |
Depositing User: | Aditya Shawfani S.Pd |
Date Deposited: | 30 Jan 2025 04:51 |
Last Modified: | 30 Jan 2025 04:51 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/379 |