Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Metode Sosiodrama dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa

Maiseptian, Fadil (2017) Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Metode Sosiodrama dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_FADIL_MAISEPTIAN_15131020_5173_2017.pdf] Text
B1_01_FADIL_MAISEPTIAN_15131020_5173_2017.pdf

Download (669kB)

Abstract

Siswa yang kecerdasan emosionalnya tidak berkembang dengan baik akan sulit mengenali dan mengontrol emosinya, memiliki motivasi yang rendah sehingga canggung dalam bergaul bahkan dapat mengakibatkan perilaku agresif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kecerdasan emosional siswa setelah mengikuti layanan bimbingan kelompok dengan metode sosiodrama. Metode penelitian yang digunakan adalah Kuantitatif dengan menggunakan rancangan Quasi Experiment dengan Time Series Design. Subjek penelitian ini adalah
kelas XI MIA 2 (10 siswa) sebagai kelompok eksperimen dan XI MIA 1 (10 siswa) sebagai kelompok kontrol di MAN 1 Padang. Penentuan subjek penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala kecerdasan emosional yang disusun sendiri dan telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Kolmogorov Smirnov 2 Independent Sample. Hasil analisis data menyatakan bahwa tidak terdapat perbedaan skor secara signifikan pada pretest 1, 2, 3 kecerdasan emosional siswa sebelum diberikan
perlakuan. Kemudian, terdapat perbedaan skor secara signifikan pada posttest 1, 2, 3 kecerdasan emosional siswa kelompok eksperimen setelah mengikuti layanan bimbingan kelompok dengan metode sosiodrama dan kecerdasan emosional siswa kelompok kontrol setelah mengikuti layanan bimbingan kelompok tanpa metode sosiodrama. Sehingga, layanan bimbingan kelompok dengan metode sosiodrama efektif dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Metode Sosiodrama
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2
Depositing User: Nurismen Nurismen S.Sos
Date Deposited: 14 Mar 2025 03:25
Last Modified: 14 Mar 2025 03:25
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/3779

Actions (login required)

View Item
View Item