Antoni, Heru (2014) Peningkatan Aktivitas dan Hasil Pembelajaran Tematik Tema Lingkungan Dengan Pendekatan Model Kooperatif Tipe STAD di Kelas II SD Negeri 02 Batang Limpaung Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh Kabupaten Solok Selatan. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_HERU_ANTONI_19820_5674_2014.pdf [thumbnail of B1_1_HERU_ANTONI_19820_5674_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_HERU_ANTONI_19820_5674_2014.pdf
Download (463kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar
peserta didik pada pembelajaran tematik di kelas II SD Negeri 02 Batang
Limpaung Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh Kabupaten Solok Selatan pada
ulangan harian Semester I Tahun Pembelajaran 2012/2013. Tujuan penelitian
adalah untuk mengetahui apakah dengan model Kooperatif Tipe STAD dapat
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik.
Penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang
bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran di kelas. Penelitian ini terdiri
atas 4 tahap yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini
dilaksanakan dua siklus, setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Subjek
penelitian ini adalah peserta didik kelas II SD Negeri 02 Batang Limpaung, yang
berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data adalah dengan tes, observasi dan
dokumentasi.
Hasil penelitian membuktikan bahwa, pertama adanya peningkatan
aktivitas peserta didik dalam proses pembelajaran di kelas, ini terlihat dari hasil
pengamatan, bahwa peserta didik dapat berdisduksi dan bekerja sama dengan baik
dalam menyelesaikan tugas-tugas kelompok. Kedua, adanya peningkatan hasil
belajar peserta didik, ini terlihat pada persentase keberhasilan peserta didik. Pada
siklus pertama peserta didik yang tuntas hanya 40% sedangkan pada siklus kedua
mencapai 100%. Penggunaan model Kooperatif Tipe STAD, terbukti dapat
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Maka dari itu disarankan
kepada pihak yang terkait agar dapat menggunakan model pembelajaran
Kooperatif Tipe STAD dalam melaksanakan proses pembelajaran di kelas
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 14 Mar 2025 02:05 |
Last Modified: | 14 Mar 2025 02:05 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/3773 |