Fitri, Rini Aulia (2023) Pengaruh Kegiatan Cooking Class terhadap Keterampilan Proses Sains dan Sikap Entrepreneur Anak di Taman Kanak-kanak Nur Ikhlas Taram. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_RINI_AULIA_FITRI_20330075_2340_2023 ( 13 Mar).pdf [thumbnail of B1_01_RINI_AULIA_FITRI_20330075_2340_2023 ( 13 Mar).pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_RINI_AULIA_FITRI_20330075_2340_2023 ( 13 Mar).pdf
Download (277kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa masalah yang terjadi di Taman
Kanak - kanak Nur Ikhlas Taram. Dimana pembelajaran sains yang dilakukan tidak
mampu menstimulasi aspek perkembangan sains dan sikap entrepreneur anak. Media
yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran belum bervariasi menjadi salah satu
faktor yang menjadikan anak tidak mampu mengkomunikasikan apa yang diperoleh
dalam kegiatan pembelajaran sains dan menstimulasi sikap entrepreneur anak,
kurang kreatifnya guru dalam menyajikan kegiatan pembelajaran.
Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat apakah kegiatan Cooking Class
memberikan pengaruh terhadap keterampilan proses sains sederhana dan sikap
entrepreneur pada anak di TK Nur Ikhlas Taram.
Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dalam bentuk
Quasy Eksperimental Desing dengan metode pretest-posttest control group desing.
Populasi dalam penelitian adalah seluruh anak TK Nur Ikhlas sekarang yang
berjumlah 30 orang. Sampel berjumlah 30 orang anak yang dibagi ke dalam 15 orang
anak di kelas eksperimen, 6 orang laki-laki dan 9 orang anak perempuan. Dan 15
orang anak di kelas kontrol, 8 orang anak laki-laki dan 7 orang anak perempuan.
Instrumen penelitian menggunakan pedoman observasi, teknik pengumpulan data
menggunakan lembar observasi dan dokumentasi. Uji statistik yang digunakan adalah
uji-t yaitu independen sample t test.
Hasil penelitian diperoleh peningkatan sebesar 68,93% pada keterampilan
prooses sains anak dan dinyatakan mengalami peningkatan secara signifikan. Dan
diperoleh peningkatan sebesar 58,24% pada sikap entrepreneur anak, dan dinyatakan
mengalami peningkatan yang signifikan. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh
yang signifikan dari kegiatan Cooking Class terhadap keterampilan proses sains anak
di TK Nur Ikhlas Taram dan terdapat pengaruh yang signifikan dari kegiatan Cooking
Class terhadap sikap entrepreneur anak di Taman Kanak-kanak Nur Ikhlas Taram
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | COOKING CLASS, KETERAMPILAN PROSES SAINS, ENTREPRENEUR |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Guru PAUD-S2 |
Depositing User: | Dina Aulia Sari S.IP |
Date Deposited: | 13 Mar 2025 04:50 |
Last Modified: | 13 Mar 2025 04:50 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/3728 |