Pengembangan Desain Pembelajaran Berbasis Mathematical Cognition Topik Mengenal Bilangan pada Siswa Kelas 1 di Sekolah Dasar

Meirisa, Arrum (2023) Pengembangan Desain Pembelajaran Berbasis Mathematical Cognition Topik Mengenal Bilangan pada Siswa Kelas 1 di Sekolah Dasar. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_ARRUM_MEIRISA_18124066_2256_2023.pdf] Text
B1_1_ARRUM_MEIRISA_18124066_2256_2023.pdf

Download (218kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi yang menunjukkan
belum tersedia nya desain pembelajaran di sekolah yang memfasilitasi siswa kelas
1 di Sekolah Dasar untuk melihat kepekaan bilangan siswa dan menuliskan alasan
atau bernalar mengenai bilangan dengan melihat number sense, number relation
dan number constraction yang termasuk dalam Topik Mengenal Bilangan. Tujuan
penelitian ini unduk melihat validitas, praktikalitas dan efektivitas
Local
Instructional Theory (LIT) Produk yang dikembangkan berupa Local Intructional
Theory (LIT) dengan topic mengenal bilangan. LIT terdiri dari seperangkat
Hipothetical Learning Trajectory (HLT), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Produk yang dirancang
menggunakan model Gravemeijer and Cobb yang terdiri dari tiga tahap kegiatan
yaitu persiapan penelitian, penelitian di kelas dan tahap analisis tinjauan. Teknik
pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, analisis dokumen,
dokumentasi dan tes. Data yang telah terkumpul dianalisis secara kualitatif dan
kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan dihasilkan produk LIT yang valid,
praktis dan efektif berbasis Mathematical Cognition untuk siswa kelas 1 di
Sekolah Dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain pembelajaran topik
mengenal bilangan berbasis Mathematical Cognition memiliki kategori sangat
valid. . Hal ini dapat dilihat dari hasil validasi produk oleh validator yaitu HLT
85,14 dengan kategori sangat valid, nilai validitas RPP secara keseluruhan adalah
86,25 dengan kategori sangat valid dan nilai validitas LKPD secara keseluruhan
adalah 85,43 dengan kategori sangat valid. Hasil Praktikalitas diperoleh melalui
penilaian observasi keterlaksanaan RPP berbasis Mathematical Cognition dengan
perolehan rata-rata 78,63 kategori Praktis. Desain pembelajaran yang dihasilkan
memiliki kategori praktis ini dapat dilihat dari uji coba kepada siswa kelas 1 di
Sekolah Dasar. Desain pembelajaran yang dihasilkan memiliki kategori efektif
dari hasil keselurahan skor latihan aktivitas 1 sampai 5 dengan perolehan nilai
rata-rata 79,84 dengan kategori efektif untuk number sense, number relation dan
number constraction siswa.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 13 Mar 2025 03:31
Last Modified: 13 Mar 2025 03:31
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/3718

Actions (login required)

View Item
View Item