Pengembangan Model Sistematik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Bukittinggi

Thahar, Firdaus (2011) Pengembangan Model Sistematik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Bukittinggi. Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_FIRDAUS_THAHAR_62543_2961_2012.pdf] Text
B1_1_FIRDAUS_THAHAR_62543_2961_2012.pdf

Download (195kB)

Abstract

Berdasarkan pra observasi dan pengalaman sebagai pengelola pendidikan
di Kantor Wilayah Kementerian Agama Propinsi Sumatera Barat, diketahui bahwa
pencapaian tujuan pendidikan belum seperti yang diharapkan. Kondisi ini tidak
boleh diabaikan karena akan mempengaruhi kualitas lulusan. Sebuah model
pembelajaran perlu dikembangkan untuk meningkatkan kualitas pendidikan seperti
yang diamanatkan oleh Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No.20/2003.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan model hipotetik
pembelajaran untuk Madrasah Tsanawiyah Negeri, yang dapat diterapkan terutama
dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini merupakan Penelitian
dan Pengembangan (Research and Development) yang dimaksudkan untuk
menghasilkan suatu pengembangan model sistematik pembelajaran Pendidikan
Agama Islam (ADDIE) untuk diterapkan di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN)
Bukittinggi.
Sampel penelitian sebanyak 100 orang siswa ditetapkan dengan
menggunakan cluster random sampling dari populasi 1093 siswa yang terdaftar
pada tahun pelajaran 2009/2010. Data dikumpulkan melalui informan yang
ditentukan melalui teknik snow bowl, yaitu Kepala Kantor Kementerian Agama
Kota Bukittinggi, Kepala Dinas Pendidikan Kota Bukittinggi, Kepala Madrasah
Negeri, Pengawas Pendidikan Agama Islam, guru-guru, dan informan pendukung
lainnya. Data kuantitatif diperoleh melalui angket, daftar cek yang kemudian
dianalisis dengan persentase, dan data kualitatif diperoleh melalui wawancara,
observasi, dianalisis seperti yang disarankan oleh Miles dan Huberman.
Dari hasil penelitian terungkap bahwa: (1) secara umum, proses
pembelajaran yang dilaksanakan selama ini belum berdasarkan analisis kebutuhan
terhadap proses pembelajaran, ( 2) pelaksanaan pembelajaran secara umum kurang
didukung oleh unsur-unsur yang saling terkait, yaitu guru, siswa, media dan sarana
prasarana dalam pembelajaran, materi, metode, tempat serta waktu pembelajaran
yang semuanya itu berada dalam kategori belum memuaskan, (3) penilaian hasil
belajar Pendidikan Agama Islam mencakup aspek pengetahuan (kognitif),
keterampilan (psikomotor), sikap (afektif) masih belum memuaskan, (4) penerapan
CTL dalam pembelajaran masih kurang memuaskan.
Pembelajaran seperti yang disebutkan di atas berimplikasi pada kurang
optimalnya out put proses pembelajaran, sehingga kompetensi siswa masih kurang
optimal pula. Oleh karena itu, disusunlah sebuah model hipotetik sistematik
pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan tahapan : (1) mengidentifikasi
alasan pentingnya proses pembelajaran, (2) analisis terhadap kebutuhan proses
pembelajaran, (3) merumuskan tujuan pembelajaran, (4) menyusun perencanaan
proses pembelajaran (Silabus dan RPP), (5) melaksanakan proses pembelajaran, (6)
melaksanakan penilaian hasil belajar.

Item Type: Thesis (Doctoral/Disertasi)
Uncontrolled Keywords: Model Sistematik Model Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Ilmu Pendidikan-S3
Depositing User: Melinda Febrianti S.IP
Date Deposited: 13 Mar 2025 02:27
Last Modified: 13 Mar 2025 02:27
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/3702

Actions (login required)

View Item
View Item