Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok untuk Mengentaskan Masalah-masalah Diri Pribadi Mahasiswa (Studi Eksperimen di Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang)

Said, Azrul (2013) Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok untuk Mengentaskan Masalah-masalah Diri Pribadi Mahasiswa (Studi Eksperimen di Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang). Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_ASRUL_SAID_10677_748_2013l.pdf] Text
B1_1_ASRUL_SAID_10677_748_2013l.pdf

Download (1MB)

Abstract

Layanan bimbingan kelompok adalah salah satu jenis layanan yang ada
dalam bimbimgan dan konseling dalam rangka mengentaskan masalah sehingga
individu dapat berkembang dengan optimal. Penelitian ini bertujuan untuk
membuktikan keefektifan layanan bimbingan kelompok dalam mengentaskan
masalah-masalah diri pribadi mahasiswa jurusan bimbingan dan konseling
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif model Quasi-eksperiment.
Subjek penelitian yang diambil tidak secara random, baik untuk kelompok
eksperimen maupun kelompok kontrol. Sampel penelitian berjumlah 20 orang dari
jurusan bimbingan dan konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri
Padang. Untuk menganalisis data hasil penelitian digunakan teknik Wilcoxon
Signed Ranks Test dan U Mann-Whitney Test Two Sampel.
Temuan dari penelitian ini adalah: (1) terdapat perbedaan yang signifikan
antara mengentaskan atau penurunan masalah diri pribadi mahasiswa kelompok
eksperimen sebelum dan sesudah diberikan perlakuan (bimbingan kelompok). (2)
tidak terdapat perbedaan yang signifikan mengentaskan atau penurunan masalah
diri pribadi mahasiswa pada pretest dan posttest kelompok kontrol, dan (3)
terdapat perbedaan yang signifikan mengentaskan atau penurunan masalah diri
pribadi mahasiswa kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol, setelah
diberikan perlakuan (bimbingan kelompok).
Berdasarkan temuan penelitian dapat disimpulkan bahwa mengentaskan
masalah-masalah diri pribadi mahasiswa dapat dientaskan melalui layanan
bimbingan kelompok. Penelitian ini menunjukan pentingnya meningkatkan
frekuensi penggunaan layanan bimbingan kelompok di Perguruan Tinggi,
sehingga dapat menyelesaikan masalah-masalah diri pribadi mahasiswa. Perlu
dilakukan penelitian yang serupa, dilatarbelakangi konteks yang berbeda agar
dapat membandingkan temuan dari hasil penelitian ini.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 11 Mar 2025 04:38
Last Modified: 11 Mar 2025 04:38
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/3527

Actions (login required)

View Item
View Item