Wijayacipta, Aswidy (2016) Kontribusi Konsep Diri Siswa dan Keterlibatan Orangtua terhadap Pemilihan Sekolah Lanjutan di SMPN 25 Padang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_ASWIDY_WIJAYACIPTA_1308897_1807_2016.pdf [thumbnail of B1_1_ASWIDY_WIJAYACIPTA_1308897_1807_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_ASWIDY_WIJAYACIPTA_1308897_1807_2016.pdf
Download (1MB)
Abstract
Setiap tahun siswa akan mencari sekolah lanjutan yang cocok untuk
dirinya. Persoalan muncul ketika terdapat banyak pilihan sekolah yang
memberikan beragam tawaran kepada calon siswanya. Konsep diri siswa dan
keterlibatan orangtua diduga berpengaruh terhadap pemilihan sekolah lanjutan.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) konsep diri siswa SMPN 25
Padang, 2) keterlibatan orangtua siswa SMPN 25 Padang, 3) pemilihan sekolah
lanjutan siswa, 4) kontribusi konsep diri siswa terhadap pemilihan sekolah
lanjutan, 5) kontribusi keterlibatan orangtua terhadap pemilihan sekolah lanjutan,
6) kontribusi konsep diri siswa dan keterlibatan orangtua terhadap pemilihan
sekolah lanjutan.
Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif, dengan pendekatan
korelasional. Populasi penelitian adalah siswa kelas IX SMPN 25 Padang. Sampel
dipilih dengan teknik proportional random sampling. Instrumen yang digunakan
adalah skala dengan menggunakan model Likert. Data penelitian dianalisis dengan
menggunakan mean hipotetic, regresi linier sederhana dan regresi linier ganda.
Temuan penelitian ini: 1) tingkat konsep diri siswa secara rata-rata berada
pada kategori tinggi, 2) tingkat keterlibatan orangtua siswa secara rata-rata berada
pada kategori tinggi, 3) kualitas pemilihan sekolah lanjutan secara rata-rata berada
pada kategori tinggi, 4) terdapat kontribusi konsep diri siswa terhadap pemilihan
sekolah lanjutan sebesar 44.3% (R = 0.666), 5) terdapat kontribusi keterlibatan
orangtua terhadap pemilihan sekolah lanjutan sebesar 51.1% (R = 0.715), dan 6)
terdapat kontribusi antara konsep diri siswa dan keterlibatan orangtua terhadap
pemilihan sekolah lanjutan sebesar 54.2% (R = 0.736). Implikasi dari tesis ini
dapat dijadikan sebagai masukan untuk membuat program layanan bimbingan
konseling, bidang karier.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 11 Mar 2025 03:51 |
Last Modified: | 11 Mar 2025 03:51 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/3516 |