Maulina, Fita (2011) Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran MURDER di Kelas XI IPS 1 SMA N 9 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_FITA_MAULINA_73761_2172_2011.pdf
Download (581kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan aktivitas dan hasilbelajar siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran MURDER padamata pelajaran Ekonomi di kelas XI IPS 1 SMA Negeri 9 Padang.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom ActionResearch). Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 9 Padang dengansubjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 1 yang berjumlah 33 orangsiswa. Data dikumpulkan melalui lembaran observasi yang digunakan untukmelihat perubahan aktivitas belajar siswa dan tes objektif untuk melihatperubahan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran pada Siklus I danSiklus II.Hasil penelitian dari dua siklus menunjukkan bahwa aktivitas positifdan hasil belajar siswa yang relevan dengan pembelajaran mengalamipeningkatan sejak Siklus I dan peningkatan ini berlanjut pada Siklus II.Secara keseluruhan aktivitas positif siswa yang relevan dengan pembelajaranmempunyai rata-rata 59,03% kategori cukup pada Siklus I dan mengalamipeningkatan pada Siklus II yaitu 85,48% dengan kategori sangat tinggi.Aktivitas negatif siswa yang tidak relevan dengan pembelajaran jugamengalami penurunan yaitu secara keseluruhan aktivitas negatif pada SiklusI mempunyai rata-rata 32,25% kategori rendah dan menurun menjadi16,11% dengan kategori sangat rendah pada Siklus II. Meningkatnyaaktivitas positif yang relevan dengan pembelajaran dan menurunnyaaktivitas negatif yang tidak relevan dengan pembelajaran memicupeningkatan hasil belajar siswa. Pada Siklus I siswa yang tuntas 61,29% danmeningkat pada Siklus II menjadi 83,87%, begitu juga dengan rata-rata nilaimeningkat dari 66,29 pada Siklus I menjadi 75,48 pada Siklus II.Berdasarkan hasil penelitian ini dapat dilihat bahwa penggunaanstrategi pembelajaran MURDER dapat memecahkan masalah yang ada padakelas XI IPS 1 SMA N 9 Padang. Dengan strategi MURDER ini aktivitassiswa menjadi meningkat diantaranya, pemahaman siswa, dan siswa mampumengemukakan pendapat, begitu juga dengan hasil belajar siswa, terjadipeningkatan setelah penggunaan strategi MURDER. Untuk itu penulismenyarankan kepada guru Ekonomi untuk menggunakan strategipembelajaran MURDER ini dalam mata pelajaran Ekonomi.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | HASIL BELAJAR SISWA, STRATEGI PEMBELAJARAN |
| Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory L Education > LC Special aspects of education |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1 |
| Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
| Date Deposited: | 24 Dec 2025 18:25 |
| Last Modified: | 24 Dec 2025 18:25 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/34807 |
