Azma, Hayatul (2017) Pengaruh Fasilitas Belajar, Minat Belajar, Lingkungan Belajar, dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS SMK Kabupaten Tanah Datar. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_04_HAYATUL_AZMA_1104181_5749_2017.pdf
Download (995kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat (1) Pengaruh fasilitas belajar terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS SMK Kabupaten Tanah Datar (2) Pengaruh minat belajar terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS SMK Kabupaten Tanah Datar (3) Pengaruh lingkungan belajar terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS SMK Kabupaten Tanah Datar (4) Pengaruh fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS SMK Kabupaten Tanah Datar (5) Pengaruh Minat Belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS SMK Kabupaten Tanah Datar (6) Pengaruh lingkungan belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS SMK Kabupaten Tanah Datar (7) Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS SMK Kabupaten Tanah Datar. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kausal. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Kabupaten Tanah Datar yang berjumlah 750 orang siswa tahun ajaran 2016-2017. Sampel diambil dengan teknik proporsional random sampling. Sampel penelitian yang diambil berjumlah 261 orang siswa dari keseluruhan populasi. Data primer dalam penelitian ini diperoleh dari kuesioner/angket yang disebar kepada responden, sedangkan data sekunder yaitu data yang terkait dengan objek penelitian yang disajikan oleh pihak lain yaitu data hasil belajar siswa dari nilai ujian akhir semester (UAS) mata pelajaran IPS. Teknik analisis data yang dipakai dengan menggunakan analisis jalur dengan program SPSS Versi 15.0. Temuan penelitian ini adalah (1) Fasilitas belajar mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS SMK Kabupaten Tanah Datar (2) Minat belajar mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS SMK Kabupaten Tanah Datar (3) Lingkungan belajar mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS SMK Kabupaten Tanah Datar (4) Fasilitas belajar mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS SMK Kabupaten Tanah Datar (5) Minat belajar mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS SMK Kabupaten Tanah Datar (6) Lingkungan belajar mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS SMK Kabupaten Tanah Datar (7) Motivasi belajar mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS SMK Kabupaten Tanah Datar
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Fasilitas belajar, minat belajar, lingkungan belajar, motivasi belajar |
| Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial-S2 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 24 Dec 2025 05:48 |
| Last Modified: | 24 Dec 2025 05:49 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/34782 |
