Irvan, Puji Ananda (2014) Pengaruh Variasi Gaya Mengajar Guru, Dukungan Orang Tua dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa SMA Semen Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_1_PUJI_ANANDA_IRVAN_98469_4943_2014.pdf
Download (826kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis (1) Pengaruh
gaya mengajar guru dan dukungan orang tua terhadap motivasi belajar siswa (2)
Pengaruh gaya mengajar guru, dukungan orang tua dan motivasi belajar terhadap
prestasi belajar ekonomi siswa.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan asosiatif. Populasi
penelitian adalah seluruh siswa kelas X SOS dan XI IPS Semen Padang tahun ajaran
2013 - 2014 yang berjumlah 218 orang, jumlah sampel 141 orang yang ditentukan
dengan menggunakan rumus Slovin, sedangkan teknik pengumpulan sampel
dilakukan secara Proportional Stratified Random Sampling. Data yang digunakan
adalah data primer berupa angket untuk variabel gaya mengajar guru, dukungan
orang tua dan motivasi belajar, dan data sekunder untuk prestasi belajar ekonomi. Uji
coba instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Analisis data
menggunakan analisis deskriptif dan analisis induktif (inferensial), yaitu uji
normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis menggunakan analisis jalur, uji F,
koefisien determinasi dan uji t dengan α = 0,05.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara
(1) variasi gaya mengajar guru dan dukungan orang tua terhadap motivasi belajar
siswa, yaitu dengan sig 0,000 < 0,05. (2) variasi gaya mengajar guru, dukungan
orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa, yaitu dengan
sig 0,000 < 0,05. Dan rata-rata nilai siswa 75,10 berada di atas KKM yaitu 70 serta
TCR variabel gaya mengajar guru (X1) sebesar 81,13% dan TCR variabel dukungan
orang tua (X2) sebesar 79,43% serta motivasi belajar (X3) sebesar 70,07%.
Akhirnya disarankan agar guru lebih meningkatkan variasi
pembelajaran,orang tua lebih memperhatikan anak dan siswa harus meningkatkan
motivasi agar dapat meningkatkan prestasi belajar ekonomi.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1 |
| Depositing User: | Ridha Prima Adri S.Sos |
| Date Deposited: | 24 Dec 2025 08:45 |
| Last Modified: | 24 Dec 2025 08:45 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/34653 |
