Amri, Firadhi (2009) Hubungan Motivasi Siswa dengan Hasil Pembelajaran Pendidikan Jasmani Orkes di SMA Negeri 4 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_FIARDI AMRI_47200_2009.pdf
Download (138kB)
Abstract
Kesenjangan antara yang seharusnya dengan keadaan yangsesungguhnya. Dimana seharusnya siswa mempunyai kemampuan memahami danmenampilkan sikap ingin tahu terhadap sejumlah konsep kesehatan yangdiperlukan untuk mendalami ilmu kesehatan. Adapun Tujuan dari penelitian iniadalah 1) Untuk mengetahui motivasi bealjar siswa, 2) Untuk mengetahui hasilbelajar siswa, 3) Untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar siswadengan hasil belajar.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang bertujuan untukmengungkapkan hubungan pengaruh motivasi belajar terhadap hasilpembelajaran. Pendidikan Jasmani di SMA 4 Pariaman. Populasi adalah semuasiswa/siswi kelas II dan Kelas III SMA N 4 Pariaman yang terdaftar 2009/2010yang berjumlah 419 orang terdiri dari laki-laki 143 dan 276 perempuan. Sampelyang diambil dalam penelitian ini adalah Proportional Stratified RandomSampling yaitu 10% dari jumlah siswa masing-masing kelas, sehingga diperolehjumlah sampel sebanyak 42 orang. Alat yang digunakan untuk mengumpulkandata adalah angket. Data dianalisis dengan menggunakan teknik persentase dan ujihipotesis dengan menggunakan rumus korelasi.Hasil yang diperoleh dalam penelitian adalah sebagai berikut: 1)Motivasi belajar siswa masuk dalam kategori cukup, dimana 29 orang (68,97%)siswa menyatakan sangat setuju dan setuju memiliki motivasi dalam belajar. 2)Terdapat hubungan yang berarti antara motivasi siswa dengan hasil pembelajaranPendidikan Jasmani di SMA Negeri 4 Pariaman secara signifikan pada tarafkepercayaan 95%. Hal ini dilihat dari nilai Sig. sebesar 0,000 pada taraf signifikanalpha 0,05. Hal ini berarti bahwa nilai probabilitas sebesar 0,000 < taraf alpha0,05, sehingga Ho ditolak dan H1 diterima.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | MOTIVASI SISWA, PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI |
| Subjects: | L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education S Sport |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi-S1 |
| Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
| Date Deposited: | 25 Dec 2025 13:36 |
| Last Modified: | 25 Dec 2025 13:36 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/34614 |
