Mailiswita, Fevi (2011) Pengaruh Learning Tournament terhadap Hasil Belajar Reaksi Oksidasi Reduksi Kelas X di MAN 1 Balai Selasa. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_FENI MAILISWITA-64632-2011.pdf
Download (249kB)
Abstract
Dalam pembelajaran siswa kurang aktif dan kurang memahami konsepkonsep reaksi oksidasi reduksi dengan baik. Salah satu upaya yang dapatdilakukan guru untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, di antaranyaadalah dengan menggunakan strategi learning tournament. Penelitian inibertujuan untuk mengungkapkan pengaruh hasil belajar siswa yang menggunakanstrategi learning tournament dengan pembelajaran konvensional pada pokokbahasan reaksi oksidasi reduksi di kelas X MAN 1 Balai Selasa.Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain penelitianRandomized Control Group Only Design yang melibatkan dua kelas sampel, yaitukelas XB (kelas eksperimen ) yang proses pembelajarannya menggunakanstrategi learning tournament dan kelas XC (kelas kontrol) yang prosespembelajarannya menggunakan metoda konvensional. Instrumen pengumpul datadalam penelitian ini adalah hasil tes tertulis berupa 25 soal berbentuk pilihanganda untuk ranah kognitif. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakanuji perbedaan dua rata-rata (uji-t).Hasil penelitian menunjukkan menunjukkan bahwa terdapat perbedaanyang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan “learningtournament” dan hasil belajar siswa yang menggunakan metoda konvensionalpada pokok bahasan reaksi oksidasi reduksi di kelas X MAN 1 Balai Selasa.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | PENDIDIKAN KIMIA |
| Subjects: | L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education Q Science > QD Chemistry |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1 |
| Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
| Date Deposited: | 24 Dec 2025 15:46 |
| Last Modified: | 24 Dec 2025 15:46 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/34515 |
