Sari, Rahayu Marda (2014) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Quantum Teaching and Learning pada Kelas V Sekolah Dasar. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_3_RAHAYU_MARDA_SARI_1203791_4362_2014.pdf
Download (1MB)
Abstract
Proses pembelajaran diselenggarakan secara interaktif, inspiratif,
menyenangkan, dan memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif. Guru sebagai
motivator sekaligus fasilitator harus mampu mewujudkannya yaitu menyediakan
perangkat pembelajaran yang melibatkan siswa secara langsung pada aktivitas
yang menyenangkan dan penemuan konsep. Model pembelajaran yang dapat
digunakan adalah model pembelajaran berbasis QTL. Pada penelitian ini
dikembangkan perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKS berbasis QTL.
Tujuannya untuk menghasilkan perangkat pembelajaran yang valid, praktis dan
efektif.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Penelitian ini
menggunakan model McKenny dengan formative evaluation menurutTahapan
Tessmer yang terdiri dari analisis pendahuluan,tahap perancangan, dan assesment
stage. Perangkat pembelajaran divalidasi oleh beberapa ahli. Kepraktisan dilihat
melalui hasil analisis observasi pelaksanaan pembelajaran, angket respon siswa
dan guru. Keefektifan dilihat melalui hasil analisis observasi aktivitas dan hasil
belajar.
Analisis data validitas menunjukkan bentuk perangkat pembelajaran
berbasis QTL yang valid adalah perangkat yang berlandaskan QTL. Bentuk
perangkat pembelajaran berbasis QTL yang praktis adalah perangkat yang
memudahkan guru dalam menggunakannya, membantu siswa meningkatkan
motivasi, menemukan konsep, dan menyediakan waktu yang cukup dalam
pembelajaran. Bentuk perangkat pembelajaran matematika berbasis QTL yang
efektif adalah perangkat yang mengarahkan siswa pada aktivitas positif dan
meningkatkan hasil belajar. Dari hasil penelitian diperoleh perangkat
pembelajaran matematika berbasis QTL yang dikembangkan telah valid, praktis
dan efektif.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, perangkat, pembelajaran, matematika, |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LT Textbooks Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2 |
| Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
| Date Deposited: | 25 Dec 2025 17:09 |
| Last Modified: | 25 Dec 2025 17:09 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/34490 |
