Angguni, Rafiqa (2011) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Kontekstual Pada Materi Ruang Dimensi Tiga di Kelas X SMA Negeri 1 Sungayang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_3_RAFIQA_ANGGUNI_52009_3053_2012.pdf
Download (303kB)
Abstract
Salah satu permasalahan dalam pembelajaran matematika adalah guru
belum merancang perangkat pembelajaran yang mampu membuat siswa untuk
belajar aktif dan membantu siswa membangun pengetahuan sendiri. Untuk
mengatasi permasalahan di atas, perangkat pembelajaran berbasis suatu
pendekatan yang dapat digunakan adalah perangkat pembelajaran berbasis
kontekstual. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan perangkat
pembelajaran matematika berbasis kontekstual yang valid dan praktis.
Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang terdiri dari beberapa
tahap yaitu: analisis muka belakang, tahap prototipe, dan tahap penilaian.
Kegiatan pada tahap analisis muka belakang adalah wawancara dengan siswa dan
teman sejawat, analisis silabus dan buku teks tentang materi ruang dimensi tiga,
serta reviu literatur tentang pendekatan kontekstual. Berdasarkan informasi yang
telah diperoleh, telah dikembangkan prototipe perangkat pembelajaran
matematika berbasis kontekstual yang kemudian divalidasi oleh tiga orang pakar
matematika. Pada tahap praktikalitas, perangkat pembelajaran diujicobakan di
kelas X.1 SMA Negeri 1 Sungayang, yang diamati oleh dua orang observer.
Instrumen yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari lembar validasi, lembar
observasi, dan pedoman wawancara. Data hasil penelitian dianalisis secara
deskriptif.
Dari penelitian ini telah dihasilkan perangkat pembelajaran matematika
berbasis kontekstual untuk materi ruang dimensi tiga yang terdiri dari Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran dan buku kerja siswa, yang valid dari segi isi dan
konstruk. Perangkat yang dihasilkan juga sudah praktis penggunaannya menurut
observer dan siswa.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, perangkat, pembelajaran, matematika, materi, |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LT Textbooks Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2 |
| Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
| Date Deposited: | 25 Dec 2025 17:04 |
| Last Modified: | 25 Dec 2025 17:04 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/34487 |
